Advertisement

Andalkan Wisata, Gunungkidul Naikkan Target Investasi

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 04 April 2018 - 05:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Andalkan Wisata, Gunungkidul Naikkan Target Investasi Wisata Embung Nglanggeran di Kecamatan Patuk. - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tahun ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menaikkan target investasi daerahnya seiring pariwisata yang makin berkembang di Bumi Handayani.

Kenaikan target investasi sekitar Rp27 miliar dibandingkan 2017. Tahun lalu, target investasi dipatok Rp83 miliar sedangkan tahun ini Rp110 miliar. Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu (DPMPT) Gunungkidul Irawan Jatmiko menganggap wajar kenaikan itu.

Advertisement

Alasannya, tahun lalu, realisasi investasi melebihi target, yakni Rp84 miliar, sehingga terjadi kenaikan 1,2% dari target. “Makin wajar karena tiap tahun selalu ada kenaikan [target],” ungkapnya, Selasa (3/4).

Tahun lalu, sedikitnya ada lima jenis investasi dari 150 perusahaan. Nilai investasi terbesar berasal dari Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang mencapai sekitar Rp57 miliar. Disusul dari jenis Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) kecil, yang kisarannya Rp12 miliar.

Irawan optimistis target tahun ini tercapai seiring berkembangnya sektor pariwisata. Cuma ada satu hal yang perlu dibenahi, yakni masalah perizinan. Tahun lalu, masih ada investor yang belum melengkapi perizinan, seperti investor perhotelan yang ada di Kecamatan Wonosari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement