Advertisement

Puluhan Komunitas Dorong Konservasi Sungai

Irwan A Syambudi
Senin, 28 Mei 2018 - 06:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Puluhan Komunitas Dorong Konservasi Sungai Sejumlah pemancing mengikuti lomba memancing khusus ikan predator untuk menjaga populasi ikan lokal di Embung Tambakboyo, Condongcatur, Depok, Sleman, Minggu (27/5/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Puluhan komunitas yang terdiri dari komunitas memancing, pecinta binatang, dan sosial mengadakan acara pertemuan di Embung Tambakboyo, Condongcatur, Depok, Sleman untuk mendorong konservasi sungai.

Banyaknya hewan predator seperti biawak dan berang-berang yang kerap merugikan peternak ikan dinilai sudah cukup memprihatinkan. Selain itu, perkembangan ikan predator yang semakin banyak juga turut menjadi kekhawatiran para pemerhati binatang karena dapat mengancam populasi ikan lokal.

Advertisement

Atas dasar tersebut ada 23 komunitas mancing, empat komunitas pecinta binatang, serta komunitas sosial bersepakat untuk mengadakan acara temu bersama di Embung Tambakboyo, Minggu (27/5/2018). Dalam acara tersebut diadakan lomba memancing di Embung Tambakboyo khusus untuk memancing ikan predator jenis red devil.

"Kami juga mengadakan penyuluhan konservasi sungai dan penanganan gigitan ular," kata Ketua Panitia Penyelenggara, Saliyo kepada Harianjogja.com.

Diakuinya penyuluhan konservasi sungai ini penting bagi para pegiat komunitas terutama komunitas mancing dan pecinta binatang. Pihaknya tidak ingin binatang seperti biawak atau berang-berang malah diburu atau dimusnahkan karena memakan ternak ikan milik warga. Sejatinya kedua binatang tersebut tidak akan sampai ke tambak ikan warga jika populasi ikan di sungai tetap terjaga.

Oleh karena itu pihaknya mengajak seluruh komponen termasuk komunitas memancing untuk dapat menjaga kelestarian populasi ikan di sungai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement