Advertisement

Gunungkidul Jukung Fishing Tournament 2018 Dorong Perkembangan Wisata

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 11 November 2018 - 19:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Gunungkidul Jukung Fishing Tournament 2018 Dorong Perkembangan Wisata Hasil ikan yang diperoleh peserta Jukung Fishing Tournament 2018, yang diselenggarakan Minggu (11/11/2018). - Ist/Dok Panitia

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Gunungkidul Jukung Fishing Tournament 2018, yang diselenggarakan Minggu (11/11/2018), diharapkan menjadi event unik yang dapat semakin mengenalkan wisata air atau pantai di DIY.

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Wardoyo mengungkapkan tujuan penyelenggaran ini untuk membangun sebuah event yang menjadi sangat unik. “Wisata air dengan adanya festival jukung fishing ini menambah khazanah event wisata air,” ujar Wardoyo, Minggu (11/11/2018).

Advertisement

Selain menjadi olahraga air juga menjadi tontonan dan hiburan masyarakat, karena kegiatan ini sangat unik dengan perahu-perahu kecil yang digunakan. Di mana kegiatan ini memang dikemas untuk mendatangkan wisatawan.

Wardoyo mengungkapkan jika respon masyarakat sangat baik, dimungkinkan acara ini akan kembali digelar. Untuk menjadi event yang semakin menasional dan bisa menjadi rutin.

“Jika antusiasme peserta baik. Kami pasti mendorong untuk event ini diselenggarakan secara berkelanjutan,” katanya.

Dikatakanya Wardoyo, Dispar DIY terus berusaha menggali potensi wisata alam maupun buatan, untuk menjadi kekuatan event yang berkualitas dan mencari inovasi baru.

“Salah satu yang menunjang wisata yaitu alam. Alam dan SDM yang ada terus kita dorong untuk membuat inovasi, baik event maupun skala pemberdayaan. Untuk menambah kunjungan wisatawan, yang otomatis meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Gunungkidul Jukung Fisihing Tournament 2018, Wied, mengungkapkan antusiasme para peserta sangat tinggi merespon gelaran acara ini, terbukti dari ratusan peserta yang mengikuti kegiatan ini. “Sangat meriah direspon baik sekali, ada 47 tim yang mengikuti. Masing-masing tim terdiri empat orang,” ujarnya.

Para pesertapun tidak hanya datang dari wilayah Gunungkidul maupun DIY, namun dari berbagai kota atau daerah lainnya seperti, Wonogiri, Pacitan, Ciamis, Lombok, Bali dan berbagai daerah lainnya. Para peserta tersebut memperebutkan total hadiah Rp58,100 juta.

Dalam kegiatan tersebut setidaknya ada enam titik lokasi mancing yang digunakan, yaitu di Pantai Sadeng, Pantai Siung, Pantai Drini, Pantai Baron, Pantai Ngrenehan, Pantai Gesing.

Dia berharap event yang digagas Dispar DIY, bekerjasama dengan Dispar Gunungkidul, serta Dinas Perikanan dan Kelautan Gunungkidul tersebut dapat terselenggara lagi dengan peserta yang lebih banyak. “Harapannya juga dapat mempromosikan wisata mancing di laut menggunakan Jukung,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement