Kampanye Perangi HIV/AIDS melalui Kulonprogo Color Fun

Ratusan peserta memainkan bubuk warna dalam acara Kulonprogo Color Fun yang digelar di Alun-Alun Wates, Minggu (2/12/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni
02 Desember 2018 21:15 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGOKomisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kulonprogo bekerjasama dengan Mahasiswa D3 Sekretari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Kampus Wates, menggelar Kulonprogo Color Fun di Alun-Alun Wates, Minggu (2/12/2018).

Ketua panitia, Kurniawati Setyabudi, mengungkapkan Kulonprogo Color Fun bertujuan untuk memperingati Hari AIDS Sedunia 2018 yang diperingati tiap 1 Desember, sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai hidup sehat dan membangkitkan kesadaran tentang HIV/AIDS.

Mengusung tema Warnai Harimu untuk Jiwa Sehat Bebas HIV/AIDS, acara tersebut terdiri dari beragam agenda. Antara lain running competition sejauh lima kilometer, senam zumba dan pesta warna. "Peserta tidak hanya berasal dari Kulonprogo, tetapi berasal dari daerah lain di DIY," katanya.

Duta HIV/AIDS DIY, Fahri Mudzaki, menjelaskan, orang dengan HIV/AIDS atau ODHA sangat butuh dukungan. "Mari dukung mereka untuk mematuhi pengobatan, untuk tetap minum obat. Selain itu jangan membuat mereka merasa dikucilkan agar tetap semangat menjalani kehidupan,” kata dia.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, menilai Kulonprogo Color Fun dapat mendorong meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pola hidup sehat dan juga sadar akan HIV/AIDS. Ia menyebut kasus infeksi HIV/AIDS di Kulonprogo meencapai lebih dari 100 orang. "Yang harus dipahami adalah jangan menjauhi orangnya, karena belum tentu mereka bersalah. Untuk mencegah HIV/AIDS salah satunya dengan melakukan seks sehat, tidak gonta ganti pasangan," ujarnya.

Seorang peserta asal Gunungkidul, Andri Ahmad, mengaku dengan ikut kegiatan tersebut ia mendapatkan tambahan pengalaman dan berkesempatan menjaga kebugaran tubuhnya dengan berlari. "Momennya sangat pas untuk mengajak generasi muda sadar akan HIV/AIDS. Mudah-mudahan tiap tahun acara seperti ini digelar secara rutin,” kata dia.