Advertisement

Lagi, Penyu Mati Ditemukan di Pesisir Pantai Kadilangu

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 07 Agustus 2019 - 00:17 WIB
Nina Atmasari
Lagi, Penyu Mati Ditemukan di Pesisir Pantai Kadilangu Kondisi bangkai penyu saat pertama kali ditemukan di Muara Pantai Congot, Dusun Pasir Kadilangu, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Selasa (6/8/2019). - Ist/ dok

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Warga Dusun Pasir Kadilangu, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, digegerkan dengan penemuan seekor penyu yang sudah dalam kondisi membusuk di Muara Pantai Congot, desa setempat, Minggu (4/8/2019). Bangkai penyu itu pertama kali ditemukan oleh warga sekitar, Triyono saat sedang menjaring ikan.

"Saya lihatnya pas lagi menjaring ikan, ada kaya penyu gitu sekitar 25 meter dari pantai, tapi kok gak bergerak, pas saya datangi, bener ternyata memang penyu, tapi sudah mati dan kondisinya mengenaskan, kaya masih ada darahnya gitu di kulitnya," kata Triyono, Selasa (6/8/2019).

Advertisement

Penemuan ini kemudian dilaporkan kepada tokoh masyarakat dusun setempat.

Tokoh Masyarakat Dusun Pasir Kadilangu Suparyono saat dimintai konfirmasi membenarkan penemuan tersebut. Namun saat ini bangkai itu sudah lenyap. Pihaknya tidak mengetahui pasti hilangnya bangkai itu. Sejumlah dugaan muncul, mulai dari diambil orang tak bertanggung jawab untuk dimanfaatkan tempurungnya hingga kemungkinan terbawa ombak pantai.

Lebih lanjut dia menjelaskan, penemuan ini menambah daftar panjang penyu mati di kawasan tersebut. Sebelumnya pada 2018 sebanyak 10 ekor penyu ditemukan mati dengan kondisi yang mengenaskan, salah satunya tempurung yang pecah.

Dia mengatakan imbauan kepada masyarakat agar turut menjaga kelestarian binatang yang dilindungi itu sebenarnya sudah dilakukan. Apabila menemukan penyu dalam kondisi hidup, lanjutnya masyarakat Dusun Pasir Kadilangu telah berkomitmen untuk menyelamatkannya.

Penemuan ini mendapat perhatian Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo. Jawatan tersebut mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian penyu.

"Minimal jangan mengganggu pendaratan penyu yang akan dan sedang bertelur serta jangan mengganggu atau mengambil telur-telur penyu yang bukan dalam rangka konservasi," kata Kepala DKP Kulonprogo, Sudarna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement