Sudah 33 Jenazah Covid-19 Disemayamkan di TPU Madurejo

Foto ilustrasi pemakaman jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni membungkusnya menggunakan plastik. - Ist/FOTO ANTARA
28 November 2020 01:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Kebutuhan pemakaman bagi jenazah pasien Covid-19 tidak bisa dipandang sebelah mata. Berdasarkan catatan BPBD Sleman per Jumat (27/11/2020) saat ini sudah ada sebanyak 33 jenazah pasien Covid-19 yang disemayamkan di TPU Madurejo, Prambanan.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman Makwan mengatakan jika berdasarkan catatan dari BPBD Sleman, jumlah jenazah pasien Covid-19 yang disemayamkan di TPU Madurejo sebanyak 33 orang. Sedangkan, tujuh jenazah pasien Covid-19 dikremasi.

"33 jenazah Covid-19 yang dimakamkan di TPU Madurejo, tujuh yang dikremasi," ujar Makwan saat dikonfirmasi pada Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Banyak Ponpes di Jogja Terpapar Corona, Pengurus Diminta Pulangkan Santri yang Sehat

Lebih lanjut, jenazah pasien Covid-19 yang disemayamkan di TPU Madurejo terdiri dari warga Sleman maupun pendatang serta warga luar daerah yang meninggal dunia di Sleman dan tidak memungkinkan dibawa ke daerah asal.

"Ada warga Sleman, pendatang, warga luar daerah yang meninggal dunia di Sleman yang tidak memungkinkan dibawa ke daerah asal, dikarenakan empat jam harus segera dimakamkan," terangnya.

Baca juga: Petugas Kewalahan, TRC dan Relawan Warga Ikut Dikerahkan Bantu Pemakaman Pasien Covid-19

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sleman, Taupiq Wahyudi sebelumnya mengatakan jika sudah ada 43 lubang makam khusus jenazah Covid-19 di TPU Madurejo.

"Pemakaman dilakukan dengan sesuai standar protokol pemakaman khusus jenazah Covid-19," pungkasnya.