Advertisement

Permudah Warga Akses Administrasi, Disdukcapil Bantul Maksimalkan SINOVA

Jumali
Rabu, 16 Juni 2021 - 16:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Permudah Warga Akses Administrasi, Disdukcapil Bantul Maksimalkan SINOVA Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus melakukan inovasi terkait kemudahan mengakses layanan administrasi kependudukan (adminduk). Salah satunya adalah Sistem Inovasi Antrean Online (SINOVA).

Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi mengatakan meski telah menerapkan dua sistem untuk layanan adminduk baik daring maupun manual, namun masyarakat cenderung memilih untuk datang langsung ke Kantor Disdukcapil. Alhasil, kerap ditemukan antrean yang mengular dan cenderung berdesak-desakan di lokasi layanan adminduk.

Advertisement

"Melihat kondisi tersebut, tentu tidak bisa kami biarkan terus terjadi. Untuk itu ada inovasi dari kami berupa SINOVA," kata Bambang, Rabu (16/6/2021).

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, melalui SINOVA, pemohon tidak perlu datang ke Disdukcapil Bantul untuk mengambil antrean. Pemohon bisa mengambil nomor antrean dengan mengakses laman antriancapil.bantulkab.go.id. Melalui SINOVA, pemohon juga bisa memilih layanan apa yang akan digunakan.

Baca juga: Hajatan Akan Dibatasi, Pemda DIY Siapkan Aturan

"Teknisnya, nanti pemohon hanya cukup memasukan NIK. Akan ada pilihan bagi pemohon akan datang pukul berapa? Sesuai dengan keinginan dan kesibukannya. Baru setelah itu, ada notifikasi dan jadwal kedatangan sesuai dengan pilihan pemohon," kata Bambang.

Menurut Bambang, sejauh ini tidak ada pembatasan pemohon yang mengambil nomor antrean lewat SINOVA. Pelayanan tetap dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Layanan SINOVA sendiri telah diterapkan selama 6 bulan terakhir, hanya saja, kata Bambang, sedikit warga yang memanfaatkannya.

"Kami berharap masyarakat bisa mengaksesnya, karena SINOVA dibikin untuk memudahkan warga," harap Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement