Permudah Warga Akses Administrasi, Disdukcapil Bantul Maksimalkan SINOVA

Ilustrasi. - Ist/Freepik
16 Juni 2021 16:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus melakukan inovasi terkait kemudahan mengakses layanan administrasi kependudukan (adminduk). Salah satunya adalah Sistem Inovasi Antrean Online (SINOVA).

Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi mengatakan meski telah menerapkan dua sistem untuk layanan adminduk baik daring maupun manual, namun masyarakat cenderung memilih untuk datang langsung ke Kantor Disdukcapil. Alhasil, kerap ditemukan antrean yang mengular dan cenderung berdesak-desakan di lokasi layanan adminduk.

"Melihat kondisi tersebut, tentu tidak bisa kami biarkan terus terjadi. Untuk itu ada inovasi dari kami berupa SINOVA," kata Bambang, Rabu (16/6/2021).

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, melalui SINOVA, pemohon tidak perlu datang ke Disdukcapil Bantul untuk mengambil antrean. Pemohon bisa mengambil nomor antrean dengan mengakses laman antriancapil.bantulkab.go.id. Melalui SINOVA, pemohon juga bisa memilih layanan apa yang akan digunakan.

Baca juga: Hajatan Akan Dibatasi, Pemda DIY Siapkan Aturan

"Teknisnya, nanti pemohon hanya cukup memasukan NIK. Akan ada pilihan bagi pemohon akan datang pukul berapa? Sesuai dengan keinginan dan kesibukannya. Baru setelah itu, ada notifikasi dan jadwal kedatangan sesuai dengan pilihan pemohon," kata Bambang.

Menurut Bambang, sejauh ini tidak ada pembatasan pemohon yang mengambil nomor antrean lewat SINOVA. Pelayanan tetap dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Layanan SINOVA sendiri telah diterapkan selama 6 bulan terakhir, hanya saja, kata Bambang, sedikit warga yang memanfaatkannya.

"Kami berharap masyarakat bisa mengaksesnya, karena SINOVA dibikin untuk memudahkan warga," harap Bambang.