Advertisement

Jip Merapi Upayakan Cegah Kecelakaan saat Libur Nataru

Lugas Subarkah
Rabu, 22 Desember 2021 - 14:37 WIB
Sunartono
Jip Merapi Upayakan Cegah Kecelakaan saat Libur Nataru Para driver jip lava tour di Umbulharjo, Cangkringan, Sleman mempersiapkan kendaraan mereka sebelum mengantarkan wisatawan berkeliling di sekitar lereng Merapi. - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, PAKEM--Menghadapi libur natal dan tahun baru (nataru), pelaku wisata jip Merapi memastikan kesiapan untuk melayani wisatawan. Dari sisi protokol kesehatan dan keamanan dipersiapkan dengan target zero accident atau nihil kecelakaan.

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM), Dardiri, menjelaskan pada Rabu (22/12) digelar rapat bersama anggota AJWLM dalam upaya persiapan menyambut libur nataru. “Intinya segala sesuatunya itu menuju zero accident. Mempersiapkan SDM [sumber daya manusia],” ujarnya.

Advertisement

Dalam rapat koordinasi ini, para pemandu wisata atau driver berkumpul untuk memberikan arahan menyambut libur nataru, yang lebih ditekankan pada kesiapan SDM. Adapun untuk kesiapan kendaraan, baik dari internal maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sudah dicek.

“Sudah ada pengecekan. Sekarang untuk sumber daya manusianya. Kami beri arahan menuju zero accident. Ini kan kita perlu pembenahan dulu terutama seperti itu. Itu untuk driver-driver, ini semua harus menunjukkan SIM, kita masing-masing datangi ke basecamp. Jadi SIM sampai kelaikan untuk jalan itu seperti apa,” ungkapnya.

Pada libur nataru ini terdapat sebanyak 750 jeep yang akan beroperasi. Jumlah ini belum semua jeep yang ada di lereng Merapi, karena beberapa yang lain masih dalam perawatan atau di bengkel. Perawatan diperlukan karena beberapa jeep sempat berhenti lama selama pandemi Covid-19.

Ia juga memastikan sudah dipersiapkan tim khusus yang akan menjaga jalur perjalanan jeep Merapi di sejumlah titik. “Masing-masing titik itu ada. Jadi di sini sudah kita siapkan semuanya. Paling tidak seperti itu untuk menekan segala sesuatunya,” kata dia.

Wisatawan yang mengakses jeep Merapi mulai mengalami peningkatan pada awal Desember lalu. pada libur nataru nanti, diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat. Untuk itu, ia selalu mengingatkan para pemandu atau driver agar memastikan terpenuhinya protokol kesehatan dan standar keselamatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement