Advertisement

Perkenalkan, Ini Dia Perempuan Pertama yang Pimpin Satpol PP di Wilayah DIY

Abdul Hamied Razak
Rabu, 01 Juni 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Perkenalkan, Ini Dia Perempuan Pertama yang Pimpin Satpol PP di Wilayah DIY Shavitri Nurmala Dewi (kanan). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pemkab Sleman terus mengubah wajah Satpol PP yang terkesan garang menjadi lebih humanis . Salah satunya dengan menempatkan seorang perempuan sebagai komandan, yakni Shavitri Nurmala Dewi.

Evie, sapaan akrab Shavitri Nurmala Dewi merupakan perempuan pertama di Sleman bahkan di DIY yang menjadi Kepala Satpol PP . 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Evie, sapaan Shavitri mengisi kekosongan jabatan di tubuh Satpol PP. Sebelumnya, posisi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Sleman dipegang oleh Susmiarto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sleman.

Adapun Evie sebelumnya mendapat tugas sebagai Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman.  "Ini berangkat dari image, selama ini Satpol PP seringkali dianggap [bagi sebagian masyarakat yang menerima tindakan] bersikap terlalu berlebihan, arogan. Namun sesuai arahan Ibu Bupati [Kustini Sri Purnomo], Satpol PP saat ini harus tampil lebih humanis," kata Evie kepada Harianjogja.com, Rabu (1/6/2022).

BACA JUGA: Dinkes Sleman Luncurkan GAS BRO, Gerakan Keluarga Bebas Asap Rokok

Dia mengatakan sebagai organisasi perangkat daerah di bidang penegakan Perda, Satpol PP saat bertugas di lapangan bisa memahami dan melakukan pendekatan yang baik kepada masyarakat. Tujuannya, untuk mengedukasi dan memahamkan peraturan daerah yang berlaku di Sleman.

Petugas Satpol PP, lanjut Evie, harus lebih nguwongke masyarakat yang melakukan pelanggaran perda. Sebab bisa jadi karena mereka tidak paham aturan yang berlaku sehingga penegakan Perda harus diikuti dengan sosialisasi dan edukasi.

"Jadi gayung bersambut antara kebijakan pemerintah dengan pemahaman dan ketaatan masyarakat terhadap perda yang berlaku," ujarnya.

Advertisement

Untuk itulah, Evie akan mengusung program yang ia beri nama Satpoltik, kependekan dari Satpol PP yang Simpatik nan Asik. Simpatik dan Humanis.

Penegakan perda, kata Evie, harus tetap dilakukan secara humanis dan asyik, khususnya dalam hal membangun relasi dan komunikasi dengan berbagai pihak.

Sebagai Kasatpol PP, dia juga akan menjalin dan memperluas komunikasi dengan semua pihak untuk mewujudkan mengawal penegakan Perda.

Advertisement

"Kami akan banyak berkomukasi dan membangun jejaring informasi.  Semoga pengalaman bekerja di bagian Humas Pemkab Sleman dan Dinas Pariwisata dapat membantu membina komunikasi tersebut. Termasuk dengan mitra kami termasuk TNI dan Polri," ujarnya.

Shavitri dilantik bersama 194 pejabat fungsional lainnya oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo di pendopo Parasamya Sleman, Senin (30/5/2022).

Proses pelantikan dihadiri wakil Bupati Danang Maharsa bersama Forkopimda Sleman. Kustini berharap pejabat yang dilantik dapat terus meningkatkan kemampuan dan keahlian untuk melahirkan inovasi di lingkup kerja organisasi dan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat.

"Pelantikan ini merupakan upaya kami untuk mengoptimalkan dan mendinamiskan organisasi Pemkab Sleman demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Mengingat profesionalisme menjadi aspek yang sangat  penting bagi pejabat fungsional," kata Kustini.

Advertisement

BACA JUGA: Polda Kumpulkan Masukan Penanganan Kejahatan Jalanan di Jogja

Kustini juga berpesan agar Kepala Satpol PP terlantik, Shavitri menjadikan Satpol PP Sleman lebih humanis dalam melaksanakan tugas, khususnya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami ingatkan kembali agar pejabat yang dilantik harus dapat menunjukkan kinerja yang optimal pada jabatan masing-masing," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement