Advertisement

Biro Bermas Gelar Pelatihan BUMDes

Media Digital
Senin, 12 Desember 2022 - 22:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Biro Bermas Gelar Pelatihan BUMDes Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau Kalurahan (BUMKal) di Kalurahan Sidoarum, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat (Bermas) Setda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau Kalurahan (BUMKal) di Kalurahan Sidoarum, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kalurahan Sidoarum ini merupakan salah satu bentuk pembinaan umum untuk meningkatkan BUMDes/BUMKal khususnya di Kalurahan Sidoarum. Acara dihadiri sebanyak 30 peserta. Kegiatan juga dihadiri langsung anggota DPRD DIY, Koeswanto; Kepala Bermas Setda DIY, Sukamto; Lurah Sidoarum, Hety Pujiastuti, dan juga pengelola BUMDes Sidoarum, Aksan Susanto. Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat (Bermas) Setda DIY, Sukamto, menjelaskan tujuan diadakannya pelatikan Bumkan itu yang pertama sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi dari Biro Bermas Setda DIY.

Advertisement

“Yang tugasnya yaitu antara lain melakukan pembinaan pada BUMDes, untuk meningkatkan BUMDes supaya lebih bermanfaat,” katanya seperti dalam rilis kepada Harian Jogja, Minggu (11/12/2022).

Menurutnya dengan adanya BUMDes/BUMKal yang lebih optimal dapat lebih menyejahterakan masyarakat. Hal itu sesuai dengan arahan kebijakan Gubernur DIY yakni tentang reformasi masyarakat DIY. Acara pelatihan BUMDes/BUMKal di Kelurahan Sidoarum ini, tentunya juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja BUMes/BUMKal khususnya di Kalurahan Sidoarum.

“Manfaat dari kegiatan ini yakni kinerja BUMKal lebih meningkat, mulai dari potensi BUMKal yang ada di kelurahan, kemudian kelembagaan semakin tetata dan performa BUMKal menjadi lebih baik. Saya berharap BUMKal ini bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat dan desa, seperti dengan namanya, Badan Usaha Milik Desa, sebagai milik desa harus mencari keuntungan, keuntungan tersebut untuk kepentingan sosial dan dapat berkontribusi ke desa,” katanya.

Dengan diselenggarakannya acara pelatihan BUMDES di Kalurhan Sidoarum ini, Biro Bermas Setda DIY berharap BUM desa atau Bumkal khususnya Kalurahan Sidoarum lebih meningkat kinerjanya, dari tingkat dasar menjadi tumbuh lalu berkembang ke tingkat BUMDES yang lebih maju.

Kegiatan Pelatihan BUMDes/BUMKal di Kalurahan Sidoarum diisi dengan penyampaian materi tentang pengelolaan BUMDes atau BUMKal oleh tim praktisi, Azfa Pabulo, sebagai konsultan pengembangan UMKM dan juga master trainer dari BUMDES.id.

Azfa mengatakan BUMDes/BUMKal Sidoarum memiliki potensi yang bagus. Kendala dari pendampingan salah satunya adalah masalah komunikasi. Kegiatan pelatihan ini perlu dilakukan. “Kegiatan pelatihan BUMDes atau BUMKal yang diinisiasi oleh Biro Bermas tidak hanya memberikan wawasan tapi juga menambah semangat dalam mengelola BUMDes atau BUMKal,” katanya.

Kegiatan sosialisasi ini juga mendapatkan dukungan dari DPRD DIY. Dukungan yang diberikan di antaranya dengan pendampingan pengelolaan BUMDes atau kalurahan, memberikan dukungan berupa penganggaran, serta dukungan pengawasan agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas program yang dilaksanakan pemerintah daerah.

Komisi D DPRD DIY, Koeswanto, menyatakan dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini pembinaan BUMDes atau BUMKal di Kalurahan Sidoarum diharapkan pengelolanya dapat termotivasi dan meningkatkan kualitas pengelolalaan BUMdes, menjadi BUMdesa yang lebih maju.

Direktur BUMDes Sidoarum Mandiri, Aksan Susanto, menjelaskan BUMDes di Sidoarum berdiri sejak 2017. Dengan diselenggarakannya kegiatan BUMDes ini diharapkan dapat berdampak baik masyaraklat. Selain itu, pengelola akan termotivasi dan tambah semangat dalam mengoptimalkan BUMDes atau BUMKal. “Jika BUMDes atau BUMKal maju maka masyarakat akan sejahtera,” katanya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement