Advertisement

Daftar 20 Cagar Budaya Sleman yang Akan Dipasang Papan Nama

Anisatul Umah
Jum'at, 10 Februari 2023 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
Daftar 20 Cagar Budaya Sleman yang Akan Dipasang Papan Nama Spanduk parpol terpasang di Jembatan Pangukan yang merupakan cagar budaya, Jumat (27/1/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Kebudayaan akan memasang papan nama di 20 cagar budaya. Tujuannya untuk mencegah vandalisme, pemasangan spanduk, dan lainnya.

Kepala Bidang Warisan Budaya Disbud Sleman, Esti Listyowati, mengatakan 20 cagar tersebut di antaranya Kapanewon Tempel, Buk Renteng, Rumah Hersat, Kapanewon Kalasan, Monumen Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia, Kepanjen Berbah, SMPN 1 Berbah.

Advertisement

Kemudian Polsek Berbah, Makam Jf de Bly, Stupa Mintorogo, Cerobong PG Randugunting, Panti Asih, Tiang Listrik, Jembatan Rel Api Pangukan, SMP 1 Sleman, Eks Kantor Bupati Sleman, Balai Desa Sidoluhur, Balai Dusun Klajuran, Kantor Eks DPRD Sleman, dan Puskesmas Mlati II.

"Jadwal pengadaan di bulan April-Mei, sambil menunggu redesign. 20 lokasi di ruang publik, rawan ancaman manusia vandalisme," ucapnya, Jumat (10/2/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Edy Winarya menyampaikan anggaran yang telah disiapkan kurang lebih Rp150 juta. Lokasi yang dipilih berada di area publik dan rawan.

BACA JUGA: Takut dan Kabur Setelah Viral, Pelaku Klitih Titik Nol Jogja Ditangkap di Banyumas

"Estimasi anggaran kurang lebih Rp150 juta, bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus Dana Keistimewaan tahun 2023," ucapnya.

Sebelumnya, terjadi aksi vandalisme di bangunan cagar budaya seperti Jembatan Pangukan dan Buk Renteng. Jembatan Pangukan tidak hanya di corat-coret dengan piloks, tetapi juga dipasangi spanduk partai.

Sementara, aksi vandalisme di Buk Renteng sempat dipergoki warga sehingga pelakunya langsung dihukum dengan mengecat kembali selokan air tersebut pada Minggu (22/1/2023) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement