Advertisement

Longsor sejak Bulan Lalu, Bahu Jalan di Dlingo Bantul Belum Juga Ditindaklanjuti

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 02 Maret 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Longsor sejak Bulan Lalu, Bahu Jalan di Dlingo Bantul Belum Juga Ditindaklanjuti TRC BPBD Bantul mengasesmen lokasi tanah longsor di Dusun Pancoran, Kalurahan Terong, Dlingo, Kamis (2/3/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL Tanah longsor di Dusun Pancoran, Kalurahan Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul yang terjadi pada 14 Februari 2023 lalu, hingga kini belum juga ditindaklanjuti oleh petugas terkait. Padahal jika tidak segera ditindaklanjuti, dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan di tempat yang sama.

Komandan TRC BPBD Bantul, Sulistiyanta mengatakan bahwa jawatannya telah melakukan asesmen pada Kamis (2/3/2023) pukul 11.35 WIB.

Advertisement

“Longsor itu kan sebelumnya menyebabkan sebagian bahu jalan penghubung ke arah Jatimulyo ambrol. Penyebabnya, hujan yang terjadi dengan intensitas tinggi, sehingga tanah jadi labil,” kata Sulistiyanta, Kamis.

BACA JUGA: Hujan Deras Sebabkan 15 Longsor di Gunungkidul

Sulistiyanta mengatakan bahwa apabila tanah longsor tersebut tidak segera ditindaklanjuti dan hujan terus turun dengan intensitas tinggi serta lama, maka dapat mengakibatkan longsor susulan dan dapat mengikis bahu jalan kembali.

Dia menjelaskan bahwa pihak kalurahan telah mendatangi lokasi longsor, akan tetapi hingga sekarang belum ada tindak lanjut. Luasan jalan yang longsor tersebut memiliki panjang sepuluh meter, tinggi tujuh meter, lebar dua meter.

Sementara itu, Lurang Terong, Sugiyono mengatakan bahwa jawatannya pernah mengajukan bantuan perbaikan jalan ke Pemda DIY, tetapi setelah disurvei ternyata tidak lolos.  

“Kami sudah pernah mengajukan bantuan. Pernah melalui PIK [Pagu Indikatif Kecamatan] atau Musrenbang kapnewon untuk diteruskan ke tingkat kabupaten. Selain itu, kami juga mengajukan ke Pemda DIY. Itu sudah disurvei tetapi tidak lolos. Gagal terus lah. Saya tidak tahu kenapa tidak lolos,” kata Sugiyono. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement