Advertisement

Kemenag Bantul Cek Sekolah yang Muridnya Keracunan Massal, Ini Hasilnya..

Yosef Leon
Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kemenag Bantul Cek Sekolah yang Muridnya Keracunan Massal, Ini Hasilnya.. Ilustrasi keracunan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantul mengaku sudah terjun ke lokasi untuk mengecek langsung insiden murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang keracunan massal makanan beberapa waktu lalu di wilayah Wukirsari, Imogiri, Bantul. 

"Kita langsung berkunjung dan monitoring terkait dengan kejadian tersebut dan Alhamdulillah sudah terkondisi semuanya anak-anak sudah sehat dan sudah masuk sekolah semuanya," kata Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Bantul Ahmad Musyadad, Jumat (12/5/2023). 

Advertisement

Ahmad menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan MI seluruh Bantul untuk berhati-hati dan mengecek ulang sesaat sebelum memberikan makanan tambahan kepada para murid. Insiden itu diharapkan menjadi yang terakhir terjadi di Bantul. 

"Perlu juga koordinasi dengan Puskesmas terkait dengan pengawasan pada makanan sehat di Madrasah," katanya. 

Pihaknya juga mengimbau agar ketika ada kejadian seperti kasus keracunan massal itu hendaknya Madrasah segera melaporkan ke dinas terkait sebagai atasan langsung agar segera bisa ditindaklanjuti. 

Baca juga: Puskesmas di Sleman Dihujani 7 Tembakan, Polisi Masih Penyelidikan

Ahmad menjelaskan bahwa kejadian keracunan itu terjadi pada Selasa, 9 Mei 2023 sekitar jam 9.20 WIB. Murid saat itu dibagi makanan sehat. Makanannya berupa nasi goreng sosis, sosis solo, roti kukus dan minuman jambu kemasan. 

"Sekitar jam 9.20 WIB anak-anak makan. Sekitar jam 9.45 WIB anak pertama ada mual dan muntah. 15 menit kemudian disusul 20 anak muntah muntah," katanya.

Tindakan pertolongan pertama dari guru diberi minum susu putih. Kemudian berangsur membaik. Setelah itu pukul 10.30 WIB pihak sekolah menghubungi Dinkes melalui dan menghubungi Puskesmas Imogiri 1 dan dilakukan tindakan pemeriksaan. 

"Ada empat anak yang lemas kemudian dirujuk ke Puskesmas. Setelah dari Puskesmas ke empat siswa sudah boleh pulang dan diberikan obat," ucapnya. 

Sementara yang ke 22 anak bergejala ringan dan di hari itu juga sudah berangsur sembuh tidak lagi sakit perut dan pusing. Selanjutnya pada Rabu, 10 Mei 2023 pihaknya juga memantau dari grup. Semua siswa kelas 5b sudah membaik dan sudah terkondisikan.

"Dari pihak madrasah mengadakan kunjungan ke siswa yg berdampak. Dan alhamdulillah sudah membaik semuanya," pungkasnya. 

Di hari yang sama sekitar pukul 07.30 WIB - 08.15 WIB diadakan wawancara dari Dinkes Bantul dan Puskesmas Imogiri 1 terkait keracunan massal tersebut. Petugas mengambil sampel makanan dan untuk menunggu hasil uji laboratorium sampel makanan akan keluar sekitar 14 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement