Advertisement

Pemkab Bantul Prioritaskan Pembangunan Kesehatan hingga Masa Mendatang

Newswire
Rabu, 31 Mei 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Pemkab Bantul Prioritaskan Pembangunan Kesehatan hingga Masa Mendatang Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama pejabat pemerintah Kabupaten Bantul, meninjau alat kesehatan di RSUD Saras Adyatma Bantul, DIY, Selasa (30/5/2023). (Antara - HO/Kominfo Setda Bantul)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menyatakan bahwa pembangunan sektor kesehatan akan tetap selalu menjadi sektor prioritas bagi pemerintah pusat maupun daerah karena berkaitan dengan derajat kesehatan masyarakat.

"Bahwa sektor kesehatan ini sampai kapan pun tetap akan menjadi sektor prioritas kita. Sampai kapan pun," kata Bupati di sela-sela Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemkab Bantul dengan BPJS Kesehatan Cabang Utama Yogyakarta di RSUD Saras Adyatma Bantul, Selasa (30/5/2023).

Advertisement

Menurut dia, Pemerintah Indonesia, bahkan dunia itu telah menyepakati satu tujuan pokok pembangunan sejagat yang namanya Universal Development Goals. Dari tujuan pokok itu yang pertama disebut adalah manusia yang sehat.

"Dan Indonesia ikut meratifikasi itu dan kita terikat dengan tujuan pembangunan seperti itu, karenanya mengapa sarana prasarana dan infrastruktur kesehatan di Bantul ini terus kita bangun, kita lengkapi untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang semakin baik dari waktu ke waktu," katanya.

Bahkan, kata Bupati, sarana dan prasarana termasuk pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan pemerintah terus ditingkatkan dari tahun ke tahun, agar usia harapan hidup manusia yang saat ini sudah mencapai 70 tahun bisa lebih naik lagi.

BACA JUGA: Korupsi Pemeliharaan SSA Bantul, JCW Desak Kejaksaan Mengusut Keterlibatan Pihak Lain

"Dengan penyempurnaan layanan kesehatan, penyempurnaan infrastruktur kesehatan kita berharap pada saatnya nanti umur kita itu, ya, kira-kira 100 tahun lebih. Jadi usia harapan hidup kita semakin baik, dan itu bisa tercapai kalau kualitas layanan kesehatan kita itu bisa terus kita perbaiki," katanya.

Lebih lanjut, Bupati juga mengatakan, dari waktu ke waktu, semuanya selalu menghadapi problem-problem kesehatan, seperti pandemi Covid-19 yang baru saja melanda dianggap selesai walaupun sesungguhnya masih ada beberapa ancaman.

"Kemudian menyusul TBC yang beberapa hari terakhir menjadi sentra penting pembicaraan kita di Bantul, dan terus setiap waktu setiap tahun selalu kita menghadapi isu-isu kesehatan yang mensyaratkan adanya kesiapan kita untuk menghadapi berbagai kemungkinan kemungkinan buruk yang terjadi pada diri kita, pada masyarakat kita," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, kehadiran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saras Adyatma yang merupakan rumah Sakit tipe D di Bantul yang beroperasi sejak tahun 2022 dan kini meningkat pelayanannya yang bisa melayani pasien peserta BPJS Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement