Advertisement

Survei PKB, Elektabilitas Heroe Poerwadi Tertinggi

Media Digital
Rabu, 26 Juni 2024 - 17:27 WIB
Maya Herawati
Survei PKB, Elektabilitas Heroe Poerwadi Tertinggi Ketua DPC PKB Kota Jogja, Solihul Hadi (tengah), menyampaikan hasil survei DPC PKB Kota Jogja, di Ingkung Grobog, Rabu (26/6 - 2024) /Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

JOGJA—DPC PKB Kota Jogja menggelar survei terhadap sejumlah kandidat yang mendaftar dalam bursa calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja. Hasilnya, Heroe Poerwadi menempati posisi teratas.

Ketua DPC PKB Kota Jogja, Solihul Hadi, menjelaskan PKB melihat pada pilkada kali ini harus didasari oleh pemilih yang rasional, yang mengedepankan ideologi dan idealisemanya. “Sehingga kami melakukan survei di internal PKB agar memberi rambu-rambu, ini lho hasil survei saat ini,” katanya, dalam konferensi pers, di Ingkung Grobog, Jalan Ipda Tut Harsono, Muja Muju, Umbulharjo, Jogja, Rabu (26/6/2024).

Advertisement

Dalam survei tersebut diambil sampel hingga tingkat RW, sehingga diharapkan hasilnya tidak lepas dari harapan masayrakat Kota Jogja. “Hari ini sudah muncul hasilnya, elektabilitas dan popularitas yang paling tinggi ada di Pak Heroe Poerwadi,” katanya.

Survei ini bekerja sama dengan Abhipraya Indonesia Consultant (AIC), yang dilaksanakan pada 30 Mei hingga 2 Juni 2024, dengan 660 responden yang tersebar secara proporsional di 14 kemantren dan 45 kelurahan, merata di setiap RW. Responden merupakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di KPU Kota Jogja dan diwawancarai secara tatap muka.

Pada hasil survei elektabilitas Wali Kota Jogja tertutup, Heroe Poerwadi memuncaki posisi dengan persentase 52,73%, sedangkan untuk Wakil Wali Kota Jogja paling tinggi ada di Singgih Raharjo dengan persentase 21,05%.

Heroe Poerwadi juga memiliki persentase tertinggi dalam survei popularitas, yakni sebesar 91,21%. Kemudian berurutan di bawahnya adalah Singgih Raharjo dan M Afnan Hadikusumo, masing-masing 78,4% dan 62,27%.

BACA JUGA: PPATK Ungkap Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online

Pada urutan popularitas keempat dan kelima, muncul nama Danang Rudyatmoko dan Imam Priyono Dwi Putranto. Popularitas Ketua DPRD Kota Jogja dan mantan Wakil Wali Kota Jogja 2011-2016 itu mencapai 49,39% dan 44,39%.

Hasil survei ini kemudian akan dikomunikasikan di tingkat DPC, DPW hingga DPP. “Nanti ini berkaitan dengan rekomendasinya itu nanti akan diturunkan kepada siapa. Sehingga PKB dalam kontestasi pilkada 2024, kita juga menjadi bagian dari penentu bagaimana pilkada berjalan dengan baik, memilih pemimpin tidak luput, tidak salah jalan,” ungkapnya.

Dengan hasil survei ini, Heroe Poerwadi yang juga telah mendaftar di DPC PKB Kota Jogja, mendapat peluang besar untuk mendapat rekomendasi dari partai tersebut. “Peluang paling besar ada di Pak Heroe, walaupun tidak menutup kemungkinan [nama lainnya], namun berbicara peluang, yang paling besar di Pak Heroe Poerwadi,” kata dia.

Adapun terkait dengan koalisi, sampai saat ini DPC PKB Kota Jogja belum menentukan akan berkoalisi dengan partai mana saja. “Sementara kami masih dalam bentuk komunikasi, membangun komunikasi politik dengan banyak partai. Untuk nanti kami akan berkoalisi dengan siapa, ini masih dalam tahap komunikasi,” ujarnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement