Advertisement

Coklit Data Pemilih Pilkada Bantul Rampung 100%, KPU Beberkan Tahapan Selanjutnya

Jumali
Senin, 22 Juli 2024 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Coklit Data Pemilih Pilkada Bantul Rampung 100%, KPU Beberkan Tahapan Selanjutnya Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul menyebut proses pencocokan dan penelitian (Coklit) Pilkada 2024 untuk para pemilih di Bumi Projotamansari saat ini telah mencapai 100% dengan total 748.766 calon pemilih.

Nantinya, KPU akan mengolah data hasil coklit pada 25-31 Juli 2024 untuk diplenokan secara terbuka terkait Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP).

Advertisement

Pleno tersebut, kata Mestri, dilakukan secara berjenjang yakni mulai dari pleno DPHP di tingkat kelurahan (1-3 Agustus 2024), di tingkat kapanewon (5-7 Agustus 2024), dan ditingkat kabupaten (9-11 Agustus 2024). "Setelah itu, KPU Bantul akan tetapkan daftar pemilih sementara (DPS)," terang Mestri.

Menurut Mestri, saat berjalannya coklit, pihaknya juga menyiapkan TPS lokasi khusus (Loksus) di Rutan Pajangan. Dan pendirian akan difokuskan sampai 23 September 2024 saat tahapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

BACA JUGA: PKB dan PDIP Bangun Kekuatan Cari Lawan Khofifah di Pilkada Jatim

Untuk itu KPU harus memastikan bahwa pemilih di TPS Loksus tersebut memiliki syarat utama yakni ber KTP elektronik asal Bantul. "Untuk TPS Loksus ini, kami akan mendata dan akan memindahkan pemilih yang ada lokasi khusus menjadi DPTb berdasarkan domisili KTP yang bersangkutan," katanya.

Lebih lanjut Mestri mengatakan jumlah TPS sementara di Kabupaten Bantul pada Pilkada 2024 ada 1.484 TPS. Jumlah itu akan bertambah 2 TPS yakni di Kalurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong dan Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri. "Karena lokasinya memang sulit terjangkau," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas Dibunuh Israel

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement