Advertisement

Empat Truk Dikerahkan Angkut Sampah Liar di Terban

Lugas Subarkah
Jum'at, 20 September 2024 - 12:07 WIB
Ujang Hasanudin
Empat Truk Dikerahkan Angkut Sampah Liar di Terban Petugas kebersihan mengangkut sampah liar di Pasar Terban menggunakan truk, Jumat (20/9/2024). - ist Dinas Perdagangan Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja akhirnya mengangkut timbunan sampah liar di lokasi renovasi Pasar Terban, Terban Gondokusuman, Jumat (20/9/2024). Sebanyak empat truk dikerahkan untuk mengangkut sampah-sampah tersebut.

Ketua Tim Kerja Kebersihan dan Keamanan Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja, Kelik Novidwyanto, menjelaskan pengangkutan sampah dilakukan atas kerja sama Dinas Perdagangan Kota Jogja dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja.

Advertisement

Sebanyak empat truk dikerahkan untuk membersihkan lokasi tersebut, dengan jumlah sampah yang memenuhi 3,5 bak truk pengangkut. Sampah langsung dibawa ke pengelola sampah rekanan DLH Kota Jogja. “Ada 3,5 truk, diangkut ke rekanan swasta DLH Kota Jogja,” ujarnya.

Pembersihan sampah liar ini dapat selesai dalam sekali pengangkutan, sehingga saat ini kondisi di lokasi tersebut sudah bersih dari sampah. Pembersihan ini dilakukan sebelum proses pembangunan fisik Pasar Terban dimulai. “Pelaksanaan fisiknya belum, baru dicek tim pengawas ke lokasi,” katanya.

BACA JUGA: Warga Jogja Keluhkan Aturan Pembuangan Sampah di Depo dan TPS

Untuk mengantisipasi munculnya kembali sampah liar, ia berharap dari pihak pelaksana pembangunan menutup lokasi tersebtu dan memberi penjagaan. “Seharusnya dari pihak pelaksana yang terpilih segera membuat tutup pagar seng dan menyediakan tim keamanan untuk menjaga area,” paparnya.

Seperti diketahui, Pasar Terban tengah menjalani proses renovasi. Pengosongan pedagang pasar yang direlokasi ke Pandeyan, Umbulharjo, sudah dilakukan sejak pertengahan Mei lalu, yang dilanjutkan dengan proses pembongkaran.

Adapun tumpukan sampah liar sudah terlihat dari beberapa waktu lalu, terletak di titik depan halaman pasa, dekat dengan jalan C. Simanjuntak. Dari pantauan Harian Jogja, tumpukan sampah sudah cukup banyak dan menimbulkan bau pada awal September lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dua Anggota DPR Terpilih Gugat Cak Imin ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

News
| Jum'at, 20 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement