Gedung Pemkab Gunungkidul Belum Miliki Ciri Khas

Logo Gunungkidul
31 Oktober 2018 16:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Sri Suhartanta mengatakan, pembangunan gedung di lingkup pemkab belum memiliki ciri khas tersendiri. Menurut dia, pembangunan masih bertema umum sehingga belum menunjukan karakter asli di Gunungkidul.

“Belum ada dan masih seperti biasa,” kata Sri kepada Harianjogja.com, Selasa (30/10/2018).

Meski belum ada keunikan dalam pembangunan, lanjut dia, sesuai dengan surat edaran dari bupati, ada ketentuan dalam pemasangan ornamen diharuskan menggunakan material asli dari Gunungkidul.

Sebagai contoh, pada saat akan memasang ornamen batu alam untuk memperindah kantor, pembangunannya harus menggunakan batu yang berasal dari wilayah sendiri.

“Kalau untuk bentuk bangunannya memang belum ada, tapi pada saat menambah ornamen ada ketentuan harus menggunakan material lokal,” tuturnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini, gedung yang dibangun menunjukan karakter keistimewaan baru terlihat dalam pembangunan taman budaya di ringroad utara, Kota Wonosari.

“Kalau yang menunjukan karakteristik keistimewaan baru di taman budaya, sedang untuk yang lain belum ada ciri khas tertentu,” katanya.