Advertisement

Pasokan Berkurang, Harga Daging Ayam Melonjak

David Kurniawan
Selasa, 30 Juni 2020 - 23:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pasokan Berkurang, Harga Daging Ayam Melonjak Ilustrasi daging ayam. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Harga daging ayam broiler di pasar tradisional mulai naik. Lonjakan harga diduga akibat minimnya pasokan di pasaran. Harga daging ayam potong di pasaran biasanya di kisaran Rp32.000 per kilogram. Namun sejak beberapa hari terakhir harga terus naik dan menyentuh Rp42.000 per kilogram.

Salah seorang pembeli di Pasar Trowono, Kapanewon Paliyan, Wahyu, mengaku kaget dengan kenaikan harga daging ayam. Pasalnya, saat terakhir membeli masih di kisaran Rp34.000 per kilogram, namun pada Selasa (30/6/2020) pagi harganya melonjak. “Saya beli satu kilogram Rp42.000,” kata Wahyu, Selasa.

Advertisement

Dia berharap harga kembali stabil sehingga ada kepastian di pasaran. “Ya kalau berubah-ubah dan terus naik kami harus menambah biaya untuk memenuhi kebutuhan membeli daging ayam,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Darsih , salah seorang penjual daging ayam di Pasar Trowono. Menurut dia, naiknya harga ayam tidak lepas dari minimnya pasokan ayam potong, sedangkan permintaan di pasaran masih relatif tinggi. “Kalau hari ini [kemarin] saya jual Rp40.000 per kilogram,” katanya.

Darsih mengungkapkan langkanya stok terlihat dari jatah ayam potong yang diberikan pemasok. Pada saat normal dia meminta 150 ekor ayam langsung diberi, tetapi pada Selasa pagi hanya diberikan 100 ekor. “Pemasok bilang stoknya tidak ada sehingga ada pengurangan pasokan,” katanya.

Pedagang daging ayam lainnya, Noviatun, mengatakan minimnya stok ayam membuatnya mencari pasokan ke luar daerah. Ia terpaksa mencari stok sampai ke Kulonprogo. “Berangkat pagi atau siang dan pulangnya malam hanya untuk memperoleh stok ayam,” katanya.

Menurut dia, kelangkaan stok membuat harga ayam terkerek naik sehingga berpengaruh terhadap penjualan. “Harga dari pemasok sudah naik. Jadi kami harus menyesuaikan harga agar tidak merugi,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Johan Eko Sudarto, membenarkan adanya kenaikan harga daging ayam potong di pasaran. Ia menduga kenaikan tidak lepas dari berkurangnya stok di pasaran sehingga berpengaruh terhadap harga jual. “Untuk komoditas lainnya masih stabil,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 24 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement