Advertisement

Wali Kota Jogja Imbau Pegowes Taat Aturan Lalu Lintas

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 15 September 2020 - 18:17 WIB
Sunartono
Wali Kota Jogja Imbau Pegowes Taat Aturan Lalu Lintas Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti. - Ist/Pemkot.

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengimbau kepada pegowes yang ada di kota Jogja menaati peraturan lalu lintas. Pasalnya, tren bersepeda khususnya di wilayah kota Jogja sedang tinggi. Animo masyarakat untuk bersepeda meningkat di tengah pandemi Covid-19.

Haryadi Suyuti mengatakan jika imbauan tersebut merupakan upaya jajarannya dalam rangka menjaga keselamatan pesepeda dan pengguna jalan raya lainnya. Menurutnya, di tengah-tengah pandemi saat ini, animo warga Kota Jogja untuk bersepeda sangat tinggi.

Advertisement

BACA JUGA : Gowes Lagi Ngetren di Jogja, Pemkot Siapkan Rute Wisata

"Sekarang mulai tumbuhnya euforia masyarakat untuk bersepeda di tengah pandemi. Tapi, tentunya pemerintah juga harus bisa merespons euforia ini menjadi satu budaya. Kita terus mengajak masyarakat yang bersepeda agar beraktivitas [sehari-hari] menggunakan sepeda,” ujar Haryadi.

Dikatakannya, tumbuhnya minat bersepeda merupakan perubahan yang sangat baik. Pasalnya, banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika masyarakat bersepeda. Jika bersepeda bisa menjadi budaya baru bagi masyarakat, kemacetan menurutnya bisa berkurang, polusi udara juga bisa menurun, dan berbagai hal positif lain yang bisa dirasakan masyarakat.

"Perubahan budaya yang terjadi, harus disertai dengan budaya ketaatan terhadap peraturan rambu lalu lintas. Sebab para pesepeda juga harus berbagi jalan dengan pengguna jalan lainnya, baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan lain,” ujarnya.

BACA JUGA : Lagi Musim Gowes, Ini Tips Aman Bersepeda di Jogja Saat

Haryadi menilai masih banyak warga masyarakat yang belum memahami bahwa pesepeda pun harus mengikuti berbagai aturan yang ada di jalan raya.

“Mereka tidak boleh menerobos lampu merah, tidak boleh mengambil jalur pengguna transportasi yang lain, tetap harus sharing," terangnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan dalam bersepeda masyarakat juga harus tetap mematuhi protokol pencegahan penularan Covid-19. "Mulai dari kesiapan sepeda, menggunakan helm, memakai masker, menjaga jarak, tetap rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer," kata orang nomor satu di Kota Jogja ini.

BACA JUGA : Tiba-tiba Pak Yulianto Humas Polda DIY Masuk di Grup Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement