Advertisement

Bantul Tambah 7 Desa Budaya di 2021

Jumali
Selasa, 28 September 2021 - 10:57 WIB
Sunartono
Bantul Tambah 7 Desa Budaya di 2021 Penampilan dari salah satu desa budaya dalam Pentas Desa Budaya Selasa Wagen 2020 di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret, Jogja. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Kebudayaan (Disbud) Bantul menyatakan ada 7 kalurahan yang ditetapkan sebagai desa budaya pada 2021. Dengan tambahan 7 kalurahan, maka saat ini ada 12 kalurahan yang masuk dalam desa budaya.

Adapun ketujuh kalurahan yang baru saja ditetapkan sebagai desa budaya adalah Srimulyo, Parangtritis, Sriharjo, Girirejo, Muntuk, Argorejo, dan kalurahan Sendangsari.

Advertisement

Kepala Disbud Bantul, Nugroho Eko Setyanto mengungkapkan awalnya pihaknya mengajukan sembilan kalurahan sebagai desa budaya pada 2021. Namun dalam perkembangannya, hanya tujuh kalurahan yang masuk dalam daftar desa budaya pada tahun ini.

BACA JUGA : 8 Desa Budaya Tampil dalam Selasa Wagen

“Yang ditetapkan ada 7 dari sembilan yang kami ajukan. jadi sekarang total ada 12 kalurahan yang masuk dalam daftar desa budaya,” katanya, Senin (27/9/2021).

Menurut Nugroho ke-12 kalurahan yang saat ini menjadi desa budaya adalah Mulyodadi, Trimurti, Srigading, Dlingo, Triwidadi, Seloharjo, Selopamioro, Sitimulyo,  Sabdodadi, Gilangharjo, Bangunjiwo, dan Desa Panggungharjo.

Nugroho mengungkapkan dengan adanya penetapan desa budaya. maka ada perubahan arah pengembangan potensi budaya masing-masing kalurahan yang ditetapkan menjadi desa budaya.

“Salah satunya adalah mengembangkan budaya setempat," jelasnya.

BACA JUGA : Desa Budaya Dibina hingga Mandiri 

Terkait dengan alokasi dana keistimewaan (Danais) untuk desa budaya, Nugroho menyatakan tidak sama desa satu dengan yang lain. “Karena semua harus disesuaikan dengan program yang dilaksanakan,” paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement