Advertisement

Luar Biasa, Libur Lebaran Tahun Ini Kulonprogo Diserbu Lebih dari 50.000 Orang

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 05 Mei 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Luar Biasa, Libur Lebaran Tahun Ini Kulonprogo Diserbu Lebih dari 50.000 Orang Wisatawan menikmati panorama di Desa Wisata Nglinggo yang berada di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo. - IG @bernadettakrizma

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Saat liburan Lebaran tahun ini, tercatat ada puluhan ribu orang masuk ke Kulonprogo. Penerapan protokol pencegahan penularan Covid-19 diharapkan menjadi perhatian oleh para pengelola objek wisata.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Joko Mursito mengatakan kunjungan wisatawan ke Kulonprogo hingga H+3 Lebaran atau Kamis (5/5/2022) mencapai lebih dari 50.000 orang.

"Capaian kami sampai hari ketiga [H+3] sudah mencapai 50.000 pengunjung. Itu yang terpantau dari TPR, tiket tanda masuk baik itu TPR destinasi maupun TPR kawasan," kata Joko, Kamis.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Catat Baik-Baik, Ini Dia Perkiraan Puncak Arus Balik di Bandara YIA

Puluhan ribu orang yang masuk ke Kulonprogo tersebut diharapkan mampu menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19. Tidak hanya pengunjung, pengelola juga dituntut mampu untuk menyediakan sarana maupun prasarana pendukung protokol kesehatan.

"Nah, jadi memang karena di libur Lebaran sekarang ini sudah ada kelonggaran prokesnya tetap nomor satu. Seperti penerapan aplikasi PeduliLindungi, vaksin, sampai booster dan seterusnya, masker, cuci tangan itu sudah jadi kebiasaan mereka [pengunjung] sudah tidak perlu di-oprak-oprak lagi," sambung Joko.

Kunjungan wisatawan, kata Joko, tidak hanya terjadi di objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Kulonprogo. Akan tetapi, sejumlah desa wisata juga telah menerima kunjungan wisatawan. Hal tersebut tentunya menjadi angin segar bagi keberadaan desa wisata.

BACA JUGA: Ada Potensi Gelombang Tinggi, Wisatawan Pantai Diimbau Berhati-Hati

"Desa-desa wisata itu juga sudah mulai marak menerima kunjungan wisata. Kunjungan wisata trennya sudah tidak lagi semua di destinasi wisata tapi ada yang masuk melalui desa wisata, mengikuti paket-paket yang ditawarkan," ungkap Joko.

Advertisement

Sebagai informasi, delapan destinasi wisata di Kulonprogo yang dikelola oleh Pemkab Kabupaten Kulonprogo di antaranya Gua Kiskendo, Waduk Sermo, Pantai Congot, Pantai Trisik, Kebun Teh Nglinggo, Wisata Alam Tritis, Kawasan Menoreh Barat dan Pantai Glagah. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Narasi Mendapat Ancaman Setelah Diretas, Diminta Diam atau Mati

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement