Advertisement

Siaga Hepatitis Akut, RSUD Wates Bakal Jadi Rujukan

Anisatul Umah
Jum'at, 13 Mei 2022 - 10:07 WIB
Budi Cahyana
Siaga Hepatitis Akut, RSUD Wates Bakal Jadi Rujukan Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates sebagai RS rujukan apabila muncul kasus hepatitis akut.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kulonprogo Eko Damayanti mengatakan penanganan hepatitis akut membutuhkan ruangan, alat, dan laboratorium khusus.

Advertisement

BACA JUGA: Sektor Pariwisata Diajak Mengurangi Sampah Lewat Manajemen Makanan Berlebih

Menurutnya, di RSUD Wates sudah tersedia laboratorium lengkap dan juga ruang ICU yang memadai. Perlakuan bagi pengidap hepatitis akan tergantung dari gejalanya.

Gejalanya, kata Eko, sangat variatif. Oleh karena itu dibutuhkan RS yang memiliki fasilitas lengkap. Kasus hepatitis akut yang terjadi di luar Jogja menurutnya menyerang anak di bawah 16 tahun.

“Perlakuan sama dengan Covid karena ini belum diketahui penyebabnya. Di Jogja belum ada [kasus hepatitis akut] di luar Jogja di bawah 16 tahun, yang bertanggung jawab dokter anak," ucapnya.

Menurutnya fasilitas kesehatan (faskes) lain seperti klinik dan puskesmas juga bersiap. Namun sifatnya hanya screening. Gejala klinis akan ditangani di RS Wates.

BACA JUGA: Puluhan Truk Pengangkut Sampah di Sleman Tak Kantongi Rekomendasi

Gejala klinis yang mungkin muncul adalah demam, gangguan pencernaan, pegal-pegal, lemas, kemudian bisa diikuti kuning atau bisa juga tidak.

Advertisement

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kulonprogo Rina Nuryati menjelaskan saat ini Dinkes Kulonprogo telah menyosialisasian gejala-gejala dari hepatitis akut.

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement