Advertisement

DPAD DIY Tingkatkan Literasi Pemuda untuk Mendorong Pertumbuhan Pengusaha Muda

Media Digital
Rabu, 22 Mei 2024 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
DPAD DIY Tingkatkan Literasi Pemuda untuk Mendorong Pertumbuhan Pengusaha Muda Suasana bedah buku Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Anak yang diselenggarakan DPAD DIY di Kalurahan Ngentakrejo, Kapanewon Lendah pada Rabu (22/5/2024). Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

KULONPROGO—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY kembali menggelar bedah buku di Bumi Binangun. Kali ini buka yang didiskusikan itu berjudul Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Anak di Kalurahan Ngentakrejo, Kapanewon Lendah pada Rabu (22/5/2024).

Gelaran bedah buku ini untuk meningkatkan literasi masyarakat ini juga dimaksudkan untuk memotivasi generasi muda untuk jadi pengusaha. Kegiatan itu kolaborasi DPAD DIY dan DPRD DIY.

Advertisement

Ketua Tim Bedah Buku dari DPAD DIY Sri Wahyudi menjelaskan gelaran ini bentuk komitmen dinasnya untuk mempertahankan peringkat atas tingkat literasi DIY pada kancah nasional. Tak hanya mempertahankan tingkat literasi DIY, gelaran itu juga untuk meningkatkan literasi terutama bagi kelompok masyarakat yang kekurangan akses terhadap literatur.

Wahyudi menjelaskan upaya meningkatkan literasi itu dikerjakannya dengan datang langsung ke masyarakat yang tergolong berada di pinggiran DIY seperti di Kapanewon Lendah ini. Upaya untuk hadir di tengah masyarakat guna meningkatkan literasi dengan kegiatan bedah buku ini, jelas Wahyudi, digelar di ratusan titik. "Tema buku yang dibedah juga beragam, semuanya untuk memantik minat baca agar meningkat," terangnya.

Bedah buku Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Anak ini dimaksudkan agar ada regenerasi pengusaha dari kalangan muda. Dimana dalam gelaran itu juga dihadiri penulis dan praktisi dibingan serupa agar diskusi yang berlangsung berjalan menarik.

Ketua Tim Bedah Buku ini menerangkan berbagai fasilitas literasi juga terus ditingkatkan Pemda DIY. "Terutama Perpustakaan Grhatama ada ratusan ribu koleksi buku, banyak sarana pendukung literasi, ada diorama, mini bioskop dan lainnya. Semuanya perlu dimanfaatkan masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu anggota DPRD DIY Muh. Ajrudin Akbar yang menjadi narasumber dalam kegiatan bedah buku ini mengapresiasi upaya peningkatan literasi oleh DPAD DIY. Ia menjelaskan melalui literasi berbagai tantangan dan peluang dapat dikelola dengan baik, terutama sektor ekonomi dalam meregenerasi pengusaha.

Anggota Komisi B DPRD DIY yang membidangi masalah perekonomian ini menerangkan regenerasi pengusaha mesti terus ditingkatkan. "Peningkatkan ini mesti diimbangi dengan memberikan pemahaman yang baik terhadap dunia entrepreneur, agar generasi muda dapat terus berkembang mengikuti perubahan yang ada," terangnya.

Kolaborasi positif DPRD DIY dan DPAD DIY, jelas Ajrudin, dalam peningkatan literasi dan upaya melahirkan pengusaha muda ini perlu terus dilanjutkan. "Ini kegiatan baik dan berdampak positif pada multisektor, mesti terus ditingkatkan dan didukung bersama," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Generasi Muda Diajak Memerangi Judi Online, Menkominfo: Meresahkan

News
| Senin, 17 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement