Advertisement

Jadwal KRL Jogja Solo, KRL Solo Jogja dan Prameks Ditambah selama Libur Iduladha 2024

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 14 Juni 2024 - 21:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Jadwal KRL Jogja Solo, KRL Solo Jogja dan Prameks Ditambah selama Libur Iduladha 2024 Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong Kereta Rel Listrik di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (2/1/2022). Bisnis - Suselo Jati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Musim liburan wilayah Jogja dan sekitarnya selalu dipadati wisatawan. Hal tersebut berbanding lurus dengan kenaikan volume pengguna Commuter Line atau KRL yang menjadi transportasi efektif dan pilihan utama untuk menuju wilayah Jogja, Klaten, Solo, maupun Kutoarjo.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mencatat saat ini rata-rata volume pengguna KRL Jogja-Palur pada hari libur sebanyak 26.748 orang per hari, dengan volume tertinggi sebanyak 41.535 orang pada libur Lebaran Idul Fitri yakni pada 13 April 2024.

Advertisement

BACA JUGA: Jadwal KRL Terbaru Selama Libur Iduladha 15-18 Juni 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Maguwo

Adapun rata-rata volume pengguna Commuter Line Prameks pada hari libur sebanyak 2.969 orang, dengan volume tertinggi sebanyak 6.162 orang di waktu yang sama.

"Sebagai antisipasi tren kenaikan pengguna KRL di wilayah Jogja yang diprediksi terjadi pada masa libur panjang peringatan Iduladha esok, mulai besok Sabtu (15/6/2024) hingga Selasa, (18/6/2024) KAI Commuter mengoperasikan delapan perjalanan KRL tambahan," kata Anne melalui siaran persnya, Jumat (14/6/2024).

"Adapun jadwal KRL tambahan terdiri dari 6 perjalanan tambahan untuk Commuter Line Yogya-Palur dan 2 perjalanan tambahan Comuter Line Prameks," kata Anne.

Dengan penambahan perjalanan tersebut, KRL Jogja–Palur menjadi 30 perjalanan tiap harinya mulai pukul 04.55 hingga pukul 22.35 WIB. Sedangkan untuk Commuter Line Prameks menjadi 10 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 hingga pukul 18.27 wib. Untuk jadwal lengkap bisa diakses melalui Aplikasi C-Access maupun di website commuterline.id.

BACA JUGA: Terbaru! Jadwal KRL Solo Jogja Selama Libur Iduladha 15-18 Juni 2024, dari Stasiun Palur, Stasiun Jebres dan Stasiun Solo Balapan

Selama periode libur panjang Iduladha tersebut KAI Commuter mengoperasikan total perjalanan Commuter Line di wilayah Jogja sebanyak 40 perjalanan dengan total kapasitas angkut pengguna sebesar 48.240 orang per harinya. "Diprediksi total volume pengguna Commuter Line Jogja-Palur sebanyak 89.311 orang dan volume pengguna Commuter Line Prameks sebanyak 12.990 orang," katanya.

Menurut data yang tercatat, Stasiun Jogja kerap menjadi stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak pada hari libur. Adapun rata-rata pengguna sebanyak 10 – 12 ribu orang setiap harinya. "Untuk meningkatkan keselamatan bersama di tengah volume pengguna yang terus meningkat, Stasiun Jogja juga menerapkan alur pergerakan pengguna yang baru," jelasnya.

Mulai Juni ini, kata Anne, para pengguna KRL Jogja - Solo Balapan / Palur diperkenankan naik ke peron setelah kereta datang dan pintu kereta dibuka. Sebelum kereta datang para pengguna diatur untuk tetap menunggu di area ruang tunggu pengguna Commuterline.

"Selain itu, untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, kami mengimbau untuk naik KRL Jogja dari stasiun lainnya seperti stasiun Lempuyangan yang rata-rata volume pengguna sebanyak 3 - 4 ribu orang setiap harinya.

Dengan penambahan operasional layanan ini diharapkan pengguna yang akan berlebaran ataupun berwisata menggunakan commuterline dapat lebih nyaman. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Uang Elektronik Bank, atau QR Code Gotransit by Gojek.

Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui -Access By KAI mulai H-7 dari tanggal keberangkatan ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Uang Elektronik Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengguna mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak selama menggunakan KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja. Kami juga mengajak pengguna untuk menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pakar Hukum Pidana Sebut SYL Bisa Dipidana Penjara hingga 20 Tahun

News
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement