Advertisement

Manfaatkan Digitalisasi, Puskesmas Kotagede I Sabet Penghargaan FKTP Terbaik

Alfi Annisa Karin
Kamis, 20 Juni 2024 - 15:57 WIB
Maya Herawati
Manfaatkan Digitalisasi, Puskesmas Kotagede I Sabet Penghargaan FKTP Terbaik Puskesmas Kotagede I menerima penghargaan sebagai FKTP terbaik dalam hal pemanfaatan digitalisasi untuk pelayanan kepada masyarakat ist - Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Puskesmas Kotagede I belum lama ini menyabet penghargaan sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terbaik yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Penghargaan diberikan lantaran Puskesmas Kotagede I mampu memanfaatkan digitalisasi dalam proses pemberian layanan kepada masyakat. Digitalisasi yang diterapkan salah satunya pada layanan antrean online.

Kepala Puskesmas Kotagede I Nur Wahyuningsih menuturkan saat hendak mengakses layanan kesehatan, pasien cukup menunjukkan bukti antrean online kepada petugas. Usai bukti dikonfirmasi, pasien akan langsung dilayani di loket pendaftaran. Menurutnya, ini akan memangkas waktu tunggu pasien di loket pendaftaran. "Layanan ini sudah lama kami terapkan,” kata Nur.

Advertisement

Dia menambahkan, ada tiga acara melakukan pendaftaran di Puskesmas Kotagede I. Bisa melalui JKN Mobile, Jogja Smart Service (JSS), atau dengan menggunakan google form melalu link bit. ly/pendaftaran-kg1. Pasien dipersilakan untuk memilih salah satu dari ketiga car aitu. Nur mengatakan inovasi akan terus dilakukan ke depannya. Salah satunya berkaitan dengan skrining kesehatan online.

BACA JUGA: BPS Catat Impor Beras Naik 165 Persen hingga Mei 2024

“Biasanya kalau pasien sebelum ke pendaftaran kami lakukan skrining terlebih dahulu. Dalam proses skrining ini pasien akan dilakukan pengecekan suhu lalu kemudian ditanya penyakit yang berpotensi menular. Kalau skirining online otomatis pasien akan mengisi sendiri. Di sini berpotensi pasien tidak jujur, tapi ini akan kami carikan solusinya," tuturnya.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja Waryono mengaku mengapresiasi prestasi yang telah ditorehkan Puskesmas Kotagede I.

Ini menurpakan bagian dari pemanfaatan transformasi digital. Menurutnya, inovasi berupa antrean online ini bermanfaat bagi para pasien, sehingga tak perlu mengantre lama di loket pendaftaran.

"Harapannya dengan prestasi ini menjadi motivasi bagi Puskesmas Kotagede I dan seluruh fasilitas kesehatan di Kota Jogja untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement