Advertisement

Pengisian Jabatan Kepala OPD yang Kosong Tunggu Gelaran Pilkada Usai

David Kurniawan
Minggu, 25 Agustus 2024 - 09:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pengisian Jabatan Kepala OPD yang Kosong Tunggu Gelaran Pilkada Usai Lelang jabatan / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman mencatat hingga sekarang ada empat jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kosong sejak Mei 2024. Meski demikian, hingga sekarang belum ada rencana pengisian karena masih menunggu gelaran Pilkada selesai.

Empat jabatan eselon II yang masing kosong ini terdiri dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika; Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan. Selain itu, ada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Advertisement

BACA JUGA: Pastikan Keamanan Pilkada, Polres Gunungkidul Bikin Simulasi Kerusuhan

Sekretaris Daerah Sleman, Susmiarto mengatakan, pasca-rotasi pejabat yang dilaksanakan pada akhir Mei 2024, ada empat jabatan kepala OPD kosong. Meski demikian, hingga saat ini belum ada instruksi untuk pengisian melalui mekanisme lelang jabatan.

“Selama belum ada pengisian, bupati sudah menunjuk pelaksana tugas sebagai kepala OPD yang saat ini masih kosong,” kata Susmiarto, Sabtu (24/8/2024).

Selain belum ada instruksi pengisian, empat jabatan ini masih dibiarkan kosong karena gelaran pilkada. Menurut dia, gelaran pesta demokrasi ini ikut memberikan pengaruh sehingga pelaksanaan lelang dimungkinan setelah gelaran pemilihan selesai.

“Kemungkinan setelah pilkada baru akan dilakukan pengisian,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan pengisian setelah pilkada, maka jabata yang lowong bisa bertambah. Pasalnya, jabatan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah yang diampu Haris Sutarta akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat ini.

“Ya nanti sekalian mengisi semua karena ada pejabat yang pensiun,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala Badang Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Budi Pramono. Menurut dia, belum ada instruksi dari bupati terkait dengan pengisian jabatan kepala OPD yang masih kosong.

Pramono mengatakan, bupati sudah menunjuk Plt di kepala OPD yang kosong. Untuk Plt Kepala Disdukcapail diemban oleh Sekda Sleman, Susmiarto dan Diskominfo diserahkan ke Asisten Administrasi Umum, Eka Suryo Prihantoro.

Adapun untuk Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan ditunjuk Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Suparmono dan Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana selaku Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. “Penunjukan Plt untuk memastikan kegiatan pelayanan maupun operasional di masing-masing OPD tetap berjalan, meski belum ada kepala yang definitif,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement