Advertisement

Satpol PP DIY Dorong Kerukunan Umat Beragama lewat Jaga Warga

Media Digital
Rabu, 23 Oktober 2024 - 21:02 WIB
Maya Herawati
Satpol PP DIY Dorong Kerukunan Umat Beragama lewat Jaga Warga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad (depan), menyerahkan secara simbolis bantuan rompi untuk anggota Kelompok Jaga Warga dalam acara Bincang Jaga Warga yang diselenggarakan Satpol PP DIY di Sukoreno, Sentolo, Rabu (23/10 - 2024).

Advertisement

JOGJA—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY menggelar acara bincang-bincang bersama Kelompok Jaga Warga dari seluruh Kulonprogo, Rabu (23/10/2024). Dalam kegiatan yang digelar di Kopi Sawah, Sukoreno, Sentolo, Satpol PP DIY juga menyerahkan bantuan rompi untuk anggota Kelompok Jaga Warga. Bantuan tersebut didanai dari Dana Keistimewaan DIY.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, menjelaskan peran Jaga Warga sangat vital dalam menjaga keamanan dan kekondusifan wilayah, termasuk mengantisipasi konflik berlatar agama. Langkah antisipasi dalam menangani konflik dalam masyarakat yang dilakukan Jaga Warga menggunakan pendekatan persuasif.

Advertisement

Noviar menyebut dasar hukum Jaga Warga tercantum dalam Peraturan Gubernur DIY No.41/2023 tentang Kelompok Jaga Warga dan Omah Jaga Warga. “Lewat peraturan ini Jaga Warga bisa memanggil pihak yang berkonflik untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi,” katanya.

Pendekatan yang dilakukan Jaga Warga dalam menangani konflik ini, menurut Noviar, mengurangi beban aparat penegak hukum yang jumlahnya memang terbatas. “Sebisa mungkin Jaga Warga melokalisasi masalah, tapi jika memang masalahnya sudah bersangkutan dengan pidana, maka aparat penegak hukum yang harus menanganinya,” katanya, Rabu.

Posisi strategis Jaga Warga ini, menurut Noviar, sudah diapresiasi berbagai pihak. “Polda DIY mengapresiasi, bahkan Jaga Warga ini kerap mendapat tawaran kerja sama dari kepolisian,” katanya.

BACA JUGA: TPS3R Banguntapan di Kompleks TPST Modalan Telah Diuji Coba, Ini Hasilnya

Noviar juga menyoroti pelaksanaan Pilkada 2024 yang tengah berlangsung  dan menjadi perhatian Jaga Warga. “Secara kelembagaan Jaga Warga netral dalam pilkada, kalau secara pribadi silakan memberikan dukungan asal tidak pakai embel-embel. Komitmen menjaga kekondusifan ini termasuk saat pelaksanaan pesta demokrasi ini,” katanya.

Plt Kepala Satpol PP Kulonprogo, Budi Hartono, mendukung sepenuhnya Kelompok Jaga Warga di Bumi Binangun ini. Ia menerangkan program tersebut efektif meminimalisasi konflik dalam masyarakat. Menurutnya, kondisi kerukunan umat beragama di Bumi Binangun cukup bagus. “Berdasar pengalaman kami, kasus intoleransi yang terjadi di Kulonprogo justru dipicu oleh pihak dari luar Kulonprogo, kerukunan umat beragama juga terus kami dorong melalui program dialog lintas agama,” ujarnya.

Dialog lintas agama ini terutama menyasar generasi muda. “Kami ajak generasi muda untuk saling mengunjungi tempat ibadah masing-masing, kemudian lewat Kelompok Jaga Warga ini kami harap upaya meningkatkan kerukunan makin maksimal,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Korupsi Timah, Harvey Moeis Sebut Dana Smelter Swasta Dipakai untuk Bantuan Covid-19

News
| Rabu, 23 Oktober 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement