Advertisement

Cegah Banjir, Pemkab Gunungkidul Terbitkan Surat Edaran Bersih Luweng

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 24 Oktober 2024 - 19:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Cegah Banjir, Pemkab Gunungkidul Terbitkan Surat Edaran Bersih Luweng Kondisi banjir di Dusun Pugeran, Tileng, Girisubo, Gunungkidul yang sampai menggenani rumah warga pada Selasa (14/3/2023) - Istimewa/Tagana Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul menerbitkan surat edaran (SE) Nomor 39/2024 tentang Gerakan Bersih Kali dan/atau Luweng. SE ini bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir di bumi Bumi Handayani.

Dalam SE tersebut, Plt. Bupati Gunungkidul, Heri Susanto memerintahkan agar Ketua RW, RT, dan Kelompok Pemerhati Kali bersama masyarakat untuk melakukan Gerakan Bersih Kali dan/atau Luweng serta saluran air di lingkungan sekitar.

Advertisement

BACA JUGA: Lurah Sampang Jadi Tersangka Penambangan Tanah Kas Desa, Ini Langkah Pemkab Gunungkidul

Selain itu, masyarakat tidak boleh membuang sampah di sembarang tempat seperti saluran air, kali dan/ atau luweng guna mencegah tertutupnya saluran air yang dapat menyebabkan banjir.

Mereka juga perlu memonitor dan melaporkan pelaksanaan Gerakan Bersih Kali dan/atau Luweng di wilayah masing-masing melalui https://bit.ly/Gerakanbersihkali_GK2024.

Sementara itu, Ketua Program Kali Bersih (Prokasih), Sukardi mengatakan dia dan anggota Prokasih baru saja mengeruk Kali Pancuran, Siraman, Wonosari, Minggu, (20/10). Pembersihan kali atau sungai ini didukung masyarakat, Kodim, dan Polsek Wonosari. Sampah yang mereka angkut lebih dari lima damp truck penuh.

“Ekskavator dari masyarakat. Kali Pancuran yang kami keruk kemarin 100 meteran. Waktu itu kan hujan deras, sampah hanyut semua kan, ekskavator stay saja,” kata Sukardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hadapi Tantangan Geografis, PAFI Kabupaten Nduga Pastikan Distribusi Obat Tetap Lancar

News
| Kamis, 24 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement