Advertisement

Tak Kalah dengan Tol, JJLS Gunungkidul Dilengkapi Rest Area 7.500 Meter Persegi

David Kurniawan
Senin, 09 Januari 2023 - 11:57 WIB
Sunartono
Tak Kalah dengan Tol, JJLS Gunungkidul Dilengkapi Rest Area 7.500 Meter Persegi Sebuah mobil melintas di depan rest area yang dibangun di JJLS di Kalurahan Nglindur, Girisubo. Foto diambil Jumat (6/1/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULJalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang membentang di wilayah Gunungkidul dilengkapi dengan rest area. Keberadaan fasilitas ini dibangun di lahan seluas 7.500 meter persegi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4, Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) DIY, Julian Situmorang mengklaim rest area di JJLS Gunungkidul menjadi satu-satunya yang berada di jalan nasional. Selama ini, keberadan rest area berada di jalan tol.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Untuk DIY, saya belum tahu berapa pastinya yang akan dibangun. Yang jelas, hingga sekarang sudah ada satu rest area JJLS di Kalurahan Nglindur, Girisubo,” kata Julian saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (9/1/2022).

BACA JUGA : Rest Area Luar Exit Toll Jogja YIA Bakal Dibangun

Dia menjelaskan, rest area yang dibangun berada di lahan seluas 7.500 meter persegi. Adapun prosesnya sudah hampir selesai karena bangunan sudah jadi dan tinggal proses penyelesaian sedikit.

Rencanaya serah terima pembangunan dilaksankan pada Januari ini. Di rest area tidak berbeda jauh dengan fasilitas yang ada di tol karena dilengkapi tempat beribadah, area parkir, toilet, display berjualan, arena bermain hingga beberapa fasilitas lainnya.

Menurut Julian, pembangunan rest area sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat. Hal ini tak lepas dari rute JJLS yang membentang dari Jawa Timur hingga Jawa Barat.

Oleh karenanya, dengan adanya fasilitas ini maka pengendara yang merasa capek bisa beristirahat dan beraktivitas lainnya seperti makan dan beribadah. “Makanya dibangun rest area di Girisubo,” katanya.

BACA JUGA : Langka, Rest Area Tol Jogja Bawen di Tempel Bisa Diakses

Disinggung mengenai pengelolaan rest area ini, Julian mengakui tidak memiliki kewenangan. Ia berdalih, satker hanya bertugas membangun. Adapun pengelolaan diserahkan sepenuhnya ke kementerian.

“Pasti akan ada koordinasi didalam pengelolaan. Yang jelas, kami selesaikan tugas kami dalam proses pembangunan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement