Advertisement

Pemkot Jogja Gelontorkan 34 Ton Beras Lewat Pasar Murah

Alfi Annisa Karin
Selasa, 20 Februari 2024 - 16:37 WIB
Sunartono
Pemkot Jogja Gelontorkan 34 Ton Beras Lewat Pasar Murah Ilustrasi pedagang beras di Pasar Kranggan - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Dinas Perdagangan (Disdag) KotaJogja akan menggelar kegiatan Pasar Murah bergilir di 14 kemantren di Kota Jogja. Mulai dari Senin, 26 Februari dan akan berakhir pada Kamis, 18 Maret. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari naiknya sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasaran.

Kabid Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Disdag Kota Jogja Sri Riswanti menyebut berbagai kebutuhan pokok yang tersedia dalam Pasar Murah di antaranya beras, terigu, telur, gula pasir, dan lainnya. Disdag akan memberi subsidi sebesar Rp 2 ribu yang dipotong pajak.

Advertisement

BACA JUGA : Soal Operasi Pasar Beras, Pemkab Bantul Tunggu Koordinasi Pemda DIY dan Bulog

"Bersihnya Rp1.750. Misalkan beras 5 kilogram kan satu sak, nanti dikurangkan Rp 1.750 kali 5 jadi Rp 8.500 per 5 kilogram [potongannya]. Itu cukup mengurangi harga," ujar Riswanti saat dikonfirmasi, Selasa (20/2/2024).

Dia menambahkan, Dinas Perdagangan turut menggandeng Bulog dan toko ritel seperti Manna Kampus dan Toko Pamella. Bulog akan membawa komoditas utama bahan pangan. Sementara, toko ritel akan membawa tambahan produk pangan, lalu didorong untuk dapat menerapkan harga promo pada gelaran Pasar Murah itu. "Harapan kami dapat membawa harga promo ke Pasar Murah," katanya.

Riswanti mengatakan berdasarkan hasil pemantauan harga terbaru untuk beras jenis premium di Kota Jogja berada di kisaran Rp 15 ribu hingga Rp16 ribu per kilogram. Sementara, untuk beras medium dibanderol dengan harga Rp14 ribu per kilogram. Meski Kota Jogja bukan kota produksi, tapi Riswanti mengatakan harga beras di Kota Jogja saat ini masih selaras dengan daerah-daerah produksi. Di sisi lain, dia memastikan stok bahan pangan utamanya beras masih aman hingga satu bulan ke depan.

"Biasanya tahun kemarin atau dua tahun yang lalu di bulan-bulan menjelang puasa [stok] aman sampai 1,5 bulan. Kami memang harus akui ada ketersediaan yang menurun. Tapi kita satu bulan ke depan masih aman, tidak membuat kita khawatir," ungkapnya.

BACA JUGA : Pasar Murah Akan Digelar di Sleman, Berikut Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut akan ada 34 ton beras yang akan digelontorkan pada gelaran Pasar Murah. Masing-masing kemantren akan menerima sejumlah kebutuhannya. Misalnya, Kemantren Mantrijeron, Umbulharjo, dan Mergangsan akan menerima 4 ton beras. Sementara, 11 kemantren lainnya akan menerima 2 ton beras. Singgih menuturkan kegiatan Pasar Murah ini menjadi salah satu cara TPID dalam mengintervensi harga bahan pokok, utamanya beras.

"Ini adalah cara kita bisa memberikan bahan pangan kepada masyarakat melalui Pasar Murah di kemantren-kemantren. Kami langsung menuju ke kemantren untuk melakukan intervensi bahan pangan," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kunker Jokowi Diduga karena Menghindari Demo Hari Buruh, Istana Bilang Begini

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement