Advertisement

Bank Sampah Berseri 35 Buat Aplikasi untuk Mudahkan Nasabah Pantau Hasil Tabungannya

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 24 Mei 2024 - 19:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bank Sampah Berseri 35 Buat Aplikasi untuk Mudahkan Nasabah Pantau Hasil Tabungannya Peluncuran Aplikasi Sitampah 35 oleh Bank Sampah Berseri Bumijo beberapa waktu lalu / Dokumentasi Bank Sampah Berseri

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS—Program desentralisasi pengolahan sampah yang dilaksanakan di Kota Jogja menjadikan bank sampah di wilayah mau tidak mau turut berperan aktif. Bank sampah bahkan kini menjadi salah elemen pengolah sampah di Kota Jogja. Baik itu sampah organik maupun anorganik.

Seiring berjalannya waktu, masing-masing bank sampah terus melakukan inovasi. Seperti yang dilakukan oleh Bank Sampah Berseri 34 Bumijo, Kemantren Jetis. Inovasi ini berwujud Aplikasi yang diberi nama Sistem Aplikasi Sampah 35 atau Sitampah 35. Aplikasi ini diluncurkan beberapa waktu lalu oleh jajaran pemerintahan Kemantren Jetis dan Kelurahan Bumijo. Lurah Bumijo Ani Purwati menyebut Sitampah 35 merupakan wujud kolaborasi bersama LPM UMY.

Advertisement

"Sitampah ini merupakan Aplikasi Sistem Digital Bank Sampah Berseri 35 dalam memberikan layanan kepada nasabah bank sampah, sehingga nasabah akan langsung bisa melihat hasil penjualan sampahnya dan juga bisa melihat tabungan sampahnya," jelasnya, Jumat (24/5/2024).

Baca Juga

60 Ton Sampah Kota Jogja Akan Diolah di Bantul

PJ Wali Kota Sugeng Siapkan Strategi Ini untuk Atasi Persoalan Sampah di Jogja

Walhi dan LBH Yogyakarta Buka Posko Aduan Soal Sampah Kota

Manajer Umum Bank Sampah Berseri 35 Tri Wijayanti menuturkan Aplikasi Sitampah 35 memuat berbagai informasi dan terkait bank sampah. Wiwid, sapaannya, menjelaskan aplikasi ini memuat informasi soal keperluan administrasi bank sampah, catatan transaksi baik yang sudah maupun belum selesai, hingga data nasabah bank sampah. Ada juga informasi terkait pencatatan sampah masuk, penjualan hasil produksi sampah, laporan sampah masuk, hingga laporan penjualan hasil produksi.

"Aplikasi Sitampah 35 ini dapat diakses oleh nasabah Bank Sampah Berseri 35 melalui android masing-masing anggota, sehingga mereka mudah mengakses hasil dari giat menabung di Bank Sampah 35," tuturnya.

Meski kini akses informasi lebih mudah dengan keberadaan Aplikasi Sitampah 34, tapi Wiwid mengatakan pihaknya masih melayani nasabah yang tak bisa mengakses aplikasi lantaran tak menggunakan handphone android.

"Progres selanjutnya Bank Sampah Berseri 35 akan mengembangkan aplikasi Sitampah 35 ini ke fitur-fitur yang lebih bermanfaat," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Generasi Muda Diajak Memerangi Judi Online, Menkominfo: Meresahkan

News
| Senin, 17 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement