Advertisement

Pemkab Bantul Batasi Wisatawan yang Masuk ke Gumuk Pasir

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 24 Juli 2024 - 14:17 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkab Bantul Batasi Wisatawan yang Masuk ke Gumuk Pasir Gumuk pasir di Pantai Parangtritis. - IST/Humas Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berencana akan membatasi wisatawan yang memasuki Gumuk Pasir ke depan. Rencana tersebut akan diterapkan untuk memastikan keberlangsungan Gumuk Pasir.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dinpar Bantul, Yuli Hernadi menyampaikan Dinpar Bantul telah memiliki road map pengembangan wisata di Bantul. Dalam road map tersebut, dia menuturkan Gumuk Pasir Parangtritis akan dikembangkan menjadi wisata premium.

Advertisement

Dia menilai rencana tersebut digagas lantaran menurutnya saat ini Gumuk Pasir Parangtritis hampir tidak ada aktivitas lantaran disana akan digunakan sebagai Geopark.

"Gumuk pasir akan kita restorasi, di zona inti gumuk tidak ada aktivitas apapun, itu akan menjadi wisata premium di Bantul," katanya.

"Tidak semua masuk zona inti Gumuk Pasir, akan dibatasi," ujarnya.

Sementara menurutnya untuk kunjungan pariwisata berskala besar, Pemkab Bantul akan mengarahkan ke Pantai Parangtritis dan Pantai Barat. Dia menuturkan rencana pengembangan tersebut diselaraskan dengan pengajuan Gumuk Pasir Parangtritis sebagai Geopark Nasional.

BACA JUGA: Dukung Gumuk Pasir Jadi Geopark Jogja, Pemkab Bantul Tahun Ini Akan Tebangi Vegetasi

Sementara General Manager Badan Pengelola Geopark Jogja, Dihin Nabrijanto menyampaikan untuk menjaga keberlangsungan Pemkab Bantul tengah menggagas rencana restorasi Gumuk Pasir Parangtritis. Menurutnya, rencana restorasi tersebut akan rampung dalam waktu dekat.

"Dokumen [restorasi Gumuk Pasir] akan selesai bulan depan atau bulan ini. Setelah itu selesai itu [dokumen restorasi Gumuk Pasir Parangtritis] akan digunakan untuk merealisasikan restorasi Gumuk Pasir," ujarnya.

Dia menuturkan konsep restorasi Gumuk Pasir Parangtritis tersebut akan mengutamakan komunikasi dan pemberdayaan masyarakat setempat. Menurutnya, Pemda DIY dan Pemkab Bantul tidak menutup mata mengenai ada puluhan masyarakat yang menggantungkan hidupnya disana, antara lain pengelola jeep, ATV dan trail.

"Kita akan melakukan pendekatan bagaimana cara untuk merelokasi dengan cara yang manusiawi. Bagaimana kita menyadarkan masyakat untuk sama-sama menjaga Gumuk [Pasir Parangtritis] akan bisa berkesinambungan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pansel Diminta Mencoret Calon Pimpinan KPK yang Cacat Etik

News
| Sabtu, 07 September 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kulineran di Jogja, Jangan Lupa Mampir ke Kedai Burger Lokal

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement