Advertisement

Bupati Sunaryanta Bikin Tugu Lagi, Kenang Capaian Adipura

Triyo Handoko
Selasa, 20 Agustus 2024 - 14:47 WIB
Sunartono
Bupati Sunaryanta Bikin Tugu Lagi, Kenang Capaian Adipura Suasana lokasi rencana pembangunan tugu penghargaan Adipura di simpang empat depan Kantor BRI Wonosari, Selasa (20/8 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berencana membangun tugu lagi setelah sebelumnya membangun Tugu Tobong pada masa awal jabatannya pada 2022 silam. Tugu yang direncanakan dibangun Sunaryanta pada masa akhir jabatannya ini bertajuk untuk mengingat capaian penghargaan Adipura yang diperoleh Pemkab Gunungkidul pada 2024 ini.

Rencana pembangunan tugu untuk mencatat penghargaan Adipura ini, menurut Sunaryanta, umum dilakukan kabupaten/kota lain di Indonesia. "Sudah banyak di daerah lain juga memiliki tugu untuk mengingat penghargaan Adipura ini," terangnya saat memberikan bantuan kepada ratusan petugas kebersihan seluruh Gunungkidul pada Senin (19/8/2024).

BACA JUGA : Raih Adipura 2024, Ratusan Petugas Kebersihan di Gunungkidul Diganjar Bantuan oleh Pemkab 

Advertisement

Sunaryanta menjelaskan capaian penghargaan Adipura penting dicatat karena perjuangan untuk mendapatkannya cukup panjang yaitu 34 tahun. "Sejak sebelumnya mendapat penghargaan Adipura yang jaraknya dengan penghargaan tahun ini lamanya 34 tahun, jadi ini capaian luar biasa," katanya.

Penghargaan Adipura tersebut, berkat kerja keras bersama berbagai pihak dalam menjaga lingkungan di Bumi Handayani. Ia berharap dengan dibangunnya tugu tersebut akan jadi monumen pengingat untuk terus menjaga lingkungan di Gunungkidul.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul, Hary Sukmono menyebut rencana lokasi pembangunan tugu penghargaan Adipura itu di timur lingkungan Pemkab atau barat Kantor Cabang BRI Wonosari. "Arahan dari bupati dan sekda tadi di depan Kantor BRI Wonosari," ujarnya.

Di lokasi tersebut terdapat simpang lima yang titik tengahnya terdapat bundaran dan ornamen bola dunia. Hery menjelaskan rencana pembangunan tugu tersebut masih terus dibahas. "DED [Detail Engineering Design] juga belum ada masih dibahas," terangnya.

Hary juga menerangkan belum ada anggaran pasti dalam rencana pembangunan tugu tersebut. "Belum dianggarkan masih dibahas dan dimatangkan bersama," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement