Advertisement

Aliran Air di Selokan Van Der Wijck Dibuka Lagi, Harda Kiswaya Tegaskan Komitmen untuk Petani

Abdul Hamied Razak
Selasa, 15 Oktober 2024 - 23:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Aliran Air di Selokan Van Der Wijck Dibuka Lagi, Harda Kiswaya Tegaskan Komitmen untuk Petani Harda Kiswaya saat menyambangi petani di wilayah Dusun Kandangan, Kalurahan Margodadi, Kapanewon Seyegan, Selasa (15/10 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Rencana penutupan aliran air di selokan Van Der Wijck akhirnya ditunda. Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBWSSO) membuka kembali aliran air di selokan tersebut selama 10 hari.

Keputusan ini diambil setelah audiensi kedua yang digelar di Ruang Badan Anggaran DPRD Provinsi DIY yang dihadiri oleh Ketua sementara DPRD DIY, Nuryadi, beserta anggota dewan lain, Yan Kurnia Kustanto dan Andriana Wulandari, Selasa (15/10/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Selokan Van Der Wijck Dibuka Lagi 16 Oktober 2024 hingga Ada Kesepakatan Final

Rapat juga dihadiri oleh perwakilan kelompok petani, para lurah, serta pimpinan badan dan dinas terkait dari Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul. Hasilnya, ada tiga hal yang disepakati.

Pertama, BBWSSO akan membuka kembali selokan Van Der Wijck pada Rabu (16/10/2024) sampai ada kesepakatan final. 

Kedua, para petani diberi waktu 10 hari untuk memusyawarahkan kesepakatan baru terkait permintaan BBWSSO menutup selokan Van Der Wicjk untuk kepentingan perawatan dan renovasi selokan.

Ketiga, disepakati akan ada penutupan selokan Van Der Wicjk selama satu bulan dalam kurun waktu lima tahun sekali. 

Sebelumnya, BBSWO berencana menutup selama satu bulan selokan Van Der Wijck guna pemeliharaan. Penutupan telah dimulai sejak Selasa (1/10/2024) lalu. 

Kepala BBWSSO, Gatut Bayuadji, menyatakan bahwa penutupan selokan Van Der Wijck dilakukan untuk proses pemeliharaan. Hal itu penting dilakukan untuk menekan risiko kerusakan besar seperti kebocoran.

Namun, dua pekan setelah penghentian aliran selokan, para petani mulai merasakan dampaknya. Ada ribuan hektare lahan milik petani di Kabupaten Sleman bagian barat yang terancam gagal panen. 

BACA JUGA: Saluran Van Der Wijck dan Mataram Dimatikan, Ribuan Hektare Lahan di Sleman Terancam Kekeringan

Sambangi petani

Berkaitan masalah akibat penutupan selokan Van Der Wijck, calon Bupati Sleman nomor urut dua di Pilkada 2024, Harda Kiswaya, turun untuk sambangi petani yang terdampak di wilayah Dusun Kandangan, Kalurahan Margodadi, Kapanewon Seyegan, Selasa (15/10/2024).

Tuginem, seorang petani yang ditemui Harda berharap agar tidak ada penutupan selokan Van Der Wijck pada bulan ini. Pasalnya, tanaman padi yang masih berusia kurang lebih dua bulan sangat membutuhkan air. 

"Kami sangat berharap, Pak Harda. Selokan Van Der Wijck jangan dulu ditutup. Kami khawatir akan gagal panen," ujar Tuginem saat berkeluh kesah dengan Harda.

Merespons keluhan tersebut, Harda menyatakan selama ini sering menerima masukan terkait masalah air di wilayah pertanian di Kabupaten Sleman bagian barat, meliputi Minggir, Moyudan, Godean, Seyegan. Ia juga telah mengomunikasikan problem itu dengan berbagai pihak.

Ke depan, ia ingin memastikan ketersediaan air di wilayah Sleman bagian barat yang notabene adalah sebagai wilayah pangan. "Kami, pasangan Harda Kiswaya-Danang Maharsa, jika terpilih akan berjuang keras untuk memastikan ketersediaan air. Pada prinsipnya, petani di Kabupaten Sleman tidak boleh waswas terhadap hasil panen," ujar Harda.

Harda menyampaikan, pembangunan atau pemeliharaan selokan itu memang penting, tetapi jangan sampai petani dikorbankan. Harus ada solusi yang pas, bukan hanya menutup, tetapi tidak ada solusi.

Komitmen Harda-Danang perihal petani tercermin juga dari program prioritas yang diusung. Satu di antaranya adalah program Garansi Pertanian yang mengatur asuransi pertanian. Program itu melindugi para petani dari gagal panen. "Kami pun akan memperketat alih fungsi lahan pertanian untuk menjaga luasan area pertanian di Kabupaten Sleman," tegas Harda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Besok, MPR Kirim Undangan Pelantikan Prabowo-Gibran ke SBY dan Megawati

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement