Advertisement

Kunjungan Wisatawan ke Bantul Sesuai Target, Dinpar Bantul Terus Tingkatkan Layanan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 26 Mei 2024 - 20:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kunjungan Wisatawan ke Bantul Sesuai Target, Dinpar Bantul Terus Tingkatkan Layanan Petugas kepolisian berpatroli di Pantai Parangtritis pada libur Lebaran Rabu (26/4/2023). Dinas Pariwisata Bantul menyebut pendapatan dari sektor wisata selama 21-25 April mencapai Rp978 juta. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis selama libur akhir pekan hari raya Waisak 2024 telah sesuai dengan perkiraan. Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul berupaya tingkatkan pelayanan di destinasi wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan.

Berdasarkan data Dinpar Bantul jumlah kunjungan wisata ke Bantul pada 23-25 Mei 2024 telah mencapai 43.806 orang. Dari kunjungan wisata tersebut Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor wisatawan yang berhasil diraih mencapai Rp629.875.500.

Advertisement

“Jumlah kunjungan wisata [ke Bantul] telah sesuai. Kemarin target kami 40.000-50.000 orang untuk empat hari [23-26 Mei 2024]. Sehingga dengan capaian kunjungan wisata tersebut, telah melampaui target kami,” ujar Plt Dinpar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Minggu (26/5/2024).

Dia menyampaikan jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul tersebut, sebagian besar masih berasal dari kunjungan Pantai Parangtritis dan Depok yang mencapai 36.708 orang. Jumlah tersebut pun tidak berbeda jauh dengan kunjungan wisata di Bantul pada long weekend Kenaikan Yesus Kristus pada awal Mei lalu yang mencapai 56.872 orang dengan PAD mencapai Rp823.234.000.

Dia menilai tingginya kunjungan wisatawan tersebut menandakan bahwa segmen wisatawan umum baik perorangan maupun keluarga masih cukup tinggi di Bantul. Sehingga menurutnya, meski ada larangan study tour di beberapa daerah, wisatawan dari segmen keluarga di Bantul masih cukup tinggi.

“Dengan ada larangan study tour, kami buktikan di long weekend ini [kunjungan wisatawan] tidak turun,” ujarnya.

Baca Juga

Wow! Selama Tiga Hari 49 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Gunungkidul

Dispar DIY Khawatir Larangan Study Tour Berdampak pada Kunjungan Wisatawan

Infrastruktur Penunjang di JJLS Gunungkidul Minim Menghambat Kunjungan Wisatawan

Sementara selama ini kunjungan wisatawan di Bantul masih berasal dari wisatawan domestik yang sebagian berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Dia menilai untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Bantul, pihaknya mendorong agar melakukan perbaikan teknis penyelenggaraan event di Bantul. Selain itu menurut dia pihaknya juga mendorong agar pelaku wisata meningkatkan pelaksanaan sadar wisata dan sapta pesona di destinasi wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement