Advertisement

Dishub Gunungkidul Temukan Kir Ratusan Kendaraan Mati

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 02 Juli 2024 - 13:57 WIB
Ujang Hasanudin
Dishub Gunungkidul Temukan Kir Ratusan Kendaraan Mati Razia kendaraan. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan bahwa ada 719 kendaraan yang terjaring pemeriksaan sejak awal Januari – Juni 2024. Dari jumlah itu, sebanyak 132 kendaraan melakukan pelanggaran.

Sekretaris Dishub Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan KIR kendaraan yang mati ada 122 kendaraan. Tiga kendaraan melanggar peruntukan, lalu lima kendaraan melanggar tata cara muat, dan dua kendaraan melanggar jalur trayek.

Advertisement

Padahal, KIR dilaksanakan untuk menguji kelaikan jalan kendaraan sebagai jaminan dan meminimalkan risiko kecelakaan. Ketiadaan KIR menyebabkan seseorang tidak mengetahui kelaikan fungsi kendaraan.

“Sangat berbahaya terhadap operasional kendaraan. Apalagi ini angkutan penumpang dan angkutan barang yang mana sangat berisiko tinggi terhadap korban kecelakaan,” kata Bayu dihubungi, Selasa (2/7/2024).

Beberapa kejadian laka, kata dia lebih banyak terjadi akibat human error dan kegagalan fungsi kelengkapan kendaraan, seperti rem blong, ban meletus, dan lainnya.

Dari sisi pencegahan, Dishub terus melakukan pemeriksaan terjadwal di jalan umum, terminal, dan objek wisata. Bayu menambahkan Dishub juga melakukan pembinaan di pos kawasan tertib lalu-lintas (KTL) apabila ada pelanggaran yang dilakukan angkutan kendaraan. Adapun kewenangan penindakan dilakukan oleh kepolisian.

BACA JUGA: Dishub Gunungkidul Rancang Aturan Penggunaan Kendaraan Untuk Study Tour

Setelah kejadian laka lantas di Kecamatan Subang, Jawa Barat yang membawa 61 penumpang itu, Dishub Gunungkidul lantas menyikapi dengan pengintensifan pemeriksaan kendaraan.

Dishub juga telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Balai Pendidikan Menengah Gunungkidul dalam menyelenggarakan studi tour aman. Sekolah dapat menghubungi Dishub untuk membantu memastikan kendaraan laik jalan.

“Kami akan mendampingi untuk mengecek kondisi kendaraan hingga dokumennya,” katanya.

Belum lama ini, Dishub telah bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Semin yang ingin menggelar studi tour. Ada tiga bis yang dicek oleh Dishub Gunungkidul.

Bayu menegaskan agar instansi pendidikan atau masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan bis perlu memastikan sopir dan kendaraan dalam kondisi baik/ laik jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pilkada Kulonprogo Mengerucut ke 2 Poros

Pilkada Kulonprogo Mengerucut ke 2 Poros

Jogjapolitan | 18 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bareskrim: Kerugian Dugaan Korupsi PJUTS Kementerian ESDM Capai Rp64 Miliar

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement