Advertisement

Pilkada Sleman: KPU Selenggarakan 3 Kali Debat bagi Kedua Paslon, Ini Jadwalnya

David Kurniawan
Rabu, 09 Oktober 2024 - 17:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Pilkada Sleman: KPU Selenggarakan 3 Kali Debat bagi Kedua Paslon, Ini Jadwalnya Ilustrasi debat Pilkada / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—KPU Sleman bakal menyelenggarakan tiga kali debat di Pilkada 2024. Rencananya debat dilaksanakan akhir Oktober dan awal November mendatang.

Anggota KPU Sleman Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Huda Al Amna mengatakan, sesuai dengan penyelenggaraan pilkada di periode sebelumnya, KPU akan memafisilitas debat antar pasangan calon bupati dan wakil bupati. Rencananya debat diselenggarakan tiga kali selama masa kampanye berlangsung.

Advertisement

BACA JUGA: Soal Politik Uang di Pilkada Jogja, Begini Respons Ketiga Kontestan

Sesuai kesepakatan bersama dengan perwakilan pasangan calon bupati dan wakil bupati bahwa debat diselenggarakan pada hari Minggu. Rencananya, debat pertama digelar pada 20 Oktober, 27 Oktober dan 3 November 2024.

“Debat pertama hanya menampilkan calon bupati dan kedua wakil bupati. Untuk ketiga, pasangan calon akan tampil bersama-sama,” kata Huda, Rabu (9/10/2024).

Dia menjelaskan, ada beberapa alasan kenapa debat dilaksanakan di hari Minggu. Hari libur ini dipilih karena tidak banyak aktivitas yang dilakukan Masyarakat sehingga diharapkan bisa menonton debat guna mengetahui visi misi maupun program yang dimiliki calon.

Diharapkan dengan strategi ini maka yang menonton bisa lebih banyak agar pandangan tentang calon bisa diketahui lewat debat. “Jadwal pelaksanaan debat sudah ada dan sekarang masih kita matangkan konsepnya. Rencananya juga disiarkan di televisi,” katanya.

Selain debat, KPU Sleman juga akan memafilitasi bahan dan alat peraga kampanye bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati. Selain itu, juga ada fasilitasi iklan di media cetak dan elektronik.

“Untuk fasilitasi bahan dan alat peraga kampanye masih proses. Sedangkan fasilitasi iklan dilaksanakan mulai 10-23 November 2024,” katanya.

Anggota KPU Sleman, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilihan, Noor Aan Muhlishoh mengatakan, mulai 25 September lalu sudah memasuki tahapan kampanye. Rencananya kampanye selesai pada 23 November 2024.

“Ada waktu kampanye selama 60 hari,” katanya.

Untuk pelaksanaan kampanye terdiri dari tiga, yakni rapat umum, pertemuan terbatas dan tatap muka. Untuk rapat umum, masing-masing pasangan calon hanya mendapatkan jatah satu kali, sedangkan kegiatan pertemuan terbatas dan tatap muka bisa dilakukan setiap hari.

“Ketentuan dalam kampanye sudah diatur dalam PKPU No.13/2024,” kata Aan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DPD RI Setujui Nama-Nama Alkap 2024-2025, Berikut Daftarnya

News
| Rabu, 09 Oktober 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement