Advertisement

Libatkan Pemuda hingga Pelaku Ekraf, Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Terbaik di Indonesia

Alfi Annisa Karin
Minggu, 13 Oktober 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Libatkan Pemuda hingga Pelaku Ekraf, Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Terbaik di Indonesia Penghargaan yang diterima oleh Pasar Prawirotaman sebagai pasar terbaik di Indonesia pada ajang Lomba Pasar dalam rangka Hari Habitat dan Hari Kota Dunia 2024. - Istimewa/Disdag Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pasar Prawirotaman sukses menjadi peringkat pertama pada ajang Lomba Pasar Nasional dalam rangka Hari Habitat dan Hari Kota Dunia 2024 yang digelar oleh Direktorat Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Lomba ini diikuti oleh 26 pasar yang telah direvitalisasi di Indonesia sejak 2018-2023.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani menjelaskan setidaknya ada 2 tahap penilaian pada Lomba Pasar ini.

Advertisement

Pertama, diambil 5 pasar terbaik. Lalu, pada tahap kedua dilakukan presentasi oleh kelima pasar rakyat itu.

Ambar menjelaskan ada banyak aspek penilaian. Di antaranya adalah penilaian dari sisi inovasi, penghargaan, dan peran komunitas di dalam pasar. “Ada juga penilaian terkait dengan aktivias event yang diselenggarakan di dalam pasar, kemitraan dengan pemangku kepentingan, digitalisasi pasar rakyat, pemeliharaan sarana prasarana, hingga pengelolaan sampah,” ujar Ambar, Minggu (13/10/2024).

Ambar menuturkan beberapa fasilitas di Pasar Prawirotaman turut menyumbang nilai tertinggi. Pasalnya, Pasar Prawirotaman tak hanya sekedar menjadi tempat bertemu dan transaksi antara pedagang dan pembeli.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di Pasar Prawirotaman utamanya di lantai IV. Beberapa fasilitas itu diantaranya adalah co-working space, studio musik, studio siniar, ruang kesehatan, meeting room, mini-lounge, hingga ruang ekonomi kreatif (ekraf) dan food court.

Co-working space dapat digunakan sebagai ruang kerja dari berbagai masyarakat dengan latar belakang yang berbeda. Ini menjadi alternatif ruang, baik untuk individu maupun kelompok yang akan berdiskusi dan berbagi pengalaman.

Sementara, ruang ekraf menjadi inovasi Pemkot Jogja untuk memberikan ruang kepada pelaku ekraf yang kian bertambah. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah layanan virtual office bagi pelaku ekraf yang terkendala lokasi usaha.

Fasilitas lain yang tersedia di lantai IV Pasar Prawirotaman adalah studi musik dan studio siniiar yang juga dapat digunakan sebagai studi foto. Operasional di lantai IV dibuka hingga malam hari. Masyarakat yang datang dapat menggunakan lift yang tersedia di basement pasar.

“Di lantai IV Pasar Prawirotaman ada nilai lebihnya. Ada peran pemuda dan pelaku ekonomi kreatif. Jadi salah satu poin penting di dalam kita mendapatkan nilai peringkat tertinggi,” imbuhnya.

Ambar mengatakan revitalisasi Pasar Prawirotaman dilakukan mulai 2019 dan selesai sepenuhnya pada 2020.

Sebelum direvitalisasi, kondisi Pasar Prawirotaman masih sangat tradisional. Kondisi pasar baik di dalam maupun di luar masih kumuh dan belum tertata. Manajemen parkir dan kebersihan pun belum optimal.

Setelah direvitalisasi, manajemen operasional hingga manajemen pengelolaan dapat tersusun dengan baik. Upaya revitalisasi Pasar Prawirotaman pun lancar dan hampir tak ada gejolak lantaran adanya komunikasi efektif yang terbangun dengan paguyuban pedagang dan masyarakat.

“Pasar Prawirotaman sudah menerapkan SNI (standar nasional Indonesia) yang kita peroleh 2022. Audit dilaksanakan setiap 2 tahun sekali untuk melihat komitmen dan konsisten kita untuk mengelola standarnya. Pada  2024 kemarin diaudit dan menjadi satu-satunya di Indonesia audit SNI tanpa temuan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BRIN Segera Rampungkan Pembangunan Teleskop Raksasa untuk Pantau Sampah Antariksa

News
| Minggu, 13 Oktober 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement