Advertisement

38 Orang Sukarelawan Demokrasi Dilatih KPU Kulonprogo

Triyo Handoko
Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
38 Orang Sukarelawan Demokrasi Dilatih KPU Kulonprogo Pilkada 2024 - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak 38 orang sukarelawan demokrasi yang dibentuk KPU Kulonprogo akan dilatih pada Senin (14/10/2024). Pelatihan itu jadi bekal para sukarelawan mengawal Pilkada 2024.

Puluhan orang itu mewakili berbagai kelompok masyarakat. Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana menjelaskan sebagian besar dari para sukarelawan tersebut juga dari kelompok marjinal seperti difabel, perempuan, dan tokoh berbagai agama di Bumi Binangun.

Advertisement

Tujuan pembentukan sukareelawan demokrasi oleh KPU Kulonprogo, jelas Budi, untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024. "Terutama jadi garda untuk mengedukasi masyarakat agar jadi pemilih cerdas yang tak mudah teriming-imingi money politic," paparnya.

Partisipasi berbagai kelompok pada sukarelawan demokrasi, lanjut Budi, diharapkan dapat menembus berbagai komunitas masyarakat yang beragam di Kulonprogo. "Kalau yang memberikan edukasi dari kelompok sendiri, kami pikir akan lebih mudah dan diterima dengan baik sehingga kami bikin serepresentatif mungkin perwakilan sukarelawan demokrasi ini," jelasnya.

Salah satu tugas pokok sukarelawan demokrasi, sambung Budi, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mengenali visi-misi pasangan calon Pilkada Kulonprogo. "Dari visi-misi sampai program yang ditawarkan itu diharapkan dapat dimengerti masyarakat sehingga jadi landasan untuk menjatuhkan pilihan," terangnya.

Sementara Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kulonprogo,  Aris Zurkhasanah menyebut relawan demokrasi ini diharapkan meningkatkan jumlah pemilih dalam Pilkada. Selain itu mengajak masyarakat berpartisipasi lebih banyak dalam pesta demokrasi ini.

Partisipasi masyarakat itu, menurut Aris, dapat dalam bentuk yang beragam. "Partisipasinya dari mengenali calon Pilkada dengan lebih baik, sampai mengawasi jalannya Pilkada agar kualitasnya makin meningkat," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jangan Sampai Terlewat, Berikut Jadwal Tes SKD CPNS

News
| Minggu, 13 Oktober 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement