UNU Yogyakarta Selenggarakan Lokakarya Audit Mutu Internal

Lokakarya Audit Mutu Internal (AMI) Program Bantuan Peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (PBPSPMI) 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. - Ist
25 September 2021 06:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta menyelenggarakan lokakarya Audit Mutu Internal (AMI) Program Bantuan Peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (PBPSPMI) 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi sebagai salah satu dari rangkaian acara Program Peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Internal UNU Yogyakarta.

Acara yang diselenggarakan pada 23-25 September ini menghadirkan fasilitator SPMI LLDIKTI V, Ig Aris Dwiatmoko.

“Harapannya UNU akan menghasilkan auditor mutu internal yang siap melakukan audit mutu internal yaitu mempersiapkan kelengkapan yang harus dilakukan sebelum maupun pada saat pelaksanaan audit," jelas Nurul Salehawati, Ketua Lembaga Penjamin Mutu UNU Yogyakarta sekaligus ketua acara, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Pemda DIY Sarankan Pembelajaran Tatap Muka SD Ditunda

Lokakarya ini juga diharapkan dapat memberikan kesiapan pejabat struktural UNU Yogyakarta sebagai auditee untuk diaudit dan mampu membuat rencana tidak lanjut dari hasil pertemuan audit serta mampu membuat rencana tindak lanjut dari hasil temuan audit dengan membuat rencana pengendalian atau peningkatan apabila hasil audit sudah melampaui dari standar yang ditetapkan.

Aris Dwiatmoko menjelaskan ke depan, setiap peserta bisa mempraktekkan audit. Ke depan setiap program studi bisa mempraktekkan lingkup audit mikro di tingkat unit.

Dalam perjalanannya lokakarya ini akan dilakukan secara teori maupun praktek AMI, Sosialisasi Rencana Strategis (Renstra) UNU Yogyakarta 2021-2025 dan sosialisasi dokumen standar SPMI.

Sebanyak 50 peserta calon auditor mutu internal UNU Yogyakarta antusias mengikuti pelatihan offline dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Baca juga: WFO Diprioritaskan untuk ASN yang Telah Divaksinasi

Saat ini UNU Yogyakarta memiliki 11 program studi dari 5 fakultas yang telah terakreditasi.

Sebagaimana diketahui, Program Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal ini terdiri dari lokakarya SPMI, lokakarya AMI, Pelaksanaan AMI, Pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen dan Pembuatan Sistem Informasi SPMI. April lalu, UNU Yogyakarta berhasil menyelenggarakan lokakarya SPMI,sedang pada bulan Oktober mendatang UNU Yogyakarta akan menyelenggarakan pelaksanaan AMI.

Hadir dalam acara tersebut Rektor UNU Yogyakarta, Prof. Purwo Santoso, Wakil Rektor 1 Jazilus Sakhok, Wakil Rektor 2 Dr.Abdul Ghoffar, dan Wakil Rektor 3, Senawi. (ADV)