Advertisement

KPP Salurkan Bantuan Senilai Rp6,45 Miliar untuk 31 Kelompok Budi Daya Ikan di Sleman

Catur Dwi Janati
Jum'at, 14 Juni 2024 - 08:27 WIB
Abdul Hamied Razak
KPP Salurkan Bantuan Senilai Rp6,45 Miliar untuk 31 Kelompok Budi Daya Ikan di Sleman Suasana penyerahan hibah sarana dan prasarana budidaya ikan air tawar kepada 31 kelompok budidaya ikan se-Kabupaten Sleman di Umbul Sidomulyo, Brintikan, Tirtomartani, Kalasan pada Kamis (13/6/2024). - Istimewa / Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 31 kelompok budi daya ikan se-Kabupaten Sleman menerima hibah sarana dan prasarana budidaya ikan air tawar. Pada 2024 ini, bantuan yang digelontorkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebanyak Rp6,45 Miliar.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono menerangkan jumlah bantuan dari KKP untuk Kabupaten Sleman tahun ini mencapai Rp6,45 miliar. Bantuan ini diserahkan kepada 31 kelompok pembudi daya ikan air tawar dan satu Kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (poklahsar) di Kabupaten Sleman.

BACA JUGA: 18.567 Keluarga di Jateng Terima Bantuan Intervensi Kerawanan Pangan

Advertisement

Hibah sarana dan prasarana budi daya ikan air tawar ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) KKP. Suparmono menyebut tak semua daerah memperoleh bantuan ini. "DAK dari KKP ini tidak semua daerah mendapat. Selama ini di DIY hanya Kabupaten Sleman yang mendapatkan. Itu karena pertimbangan potensi dan pertimbangan lainnya. Ini perlu kita syukuri," kata Suparmono pada Kamis (13/6/2024) di Umbul Sidomulyo, Brintikan, Tirtomartani, Kalasan.

Sarana budidaya ikan air tawar yang dihibahkan kepada kelompok budi daya ikan bentuknya beragam. Beberapa di antaranya berupa benih, pakan ikan, pompa air, motor roda tiga, timbangan digital duduk, pemotong rumput, pagar kolam galvalum, tangki/wadah ikan, regulator hingga tabung oksigen.

Sementara itu Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berharap hibah yang digelontorkan kepada pembudi daya ikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Harapannya hibah ini dapat meningkatkan kualitas dan hasil produksi ikan air tawar di tempatnya masing-masing. 

Selain itu hasil budi daya ikan dari para penerima hibah nantinya juga akan dievaluasi oleh Pemkab Sleman. "Nanti akan kita evaluasi, kita adakan lomba. Untuk yang hasilnya bagus nanti kita kasih hadiah," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Owa Jawa Terancam Punah, Tim Ekspedisi Lakukan Pendataan

News
| Sabtu, 28 September 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement