Advertisement

Kerontjong Pesisiran Mataraman Digelar di Pantai Goa Cemara, 8 Juni 2024

Jumali
Rabu, 22 Mei 2024 - 10:37 WIB
Sunartono
Kerontjong Pesisiran Mataraman Digelar di Pantai Goa Cemara, 8 Juni 2024 Sekretaris Dispar Bantul Budi Sardjono saat memberikan penjelasan terkait Kerontjong Pesisiran Mataraman (KPM), di kantor Dispar Bantul, Rabu (22/5/2024). - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul melalui Dana Keistimewaan (Danais) kembali menggelar Kerontjong Pesisiran Mataraman (KPM), 8 Juni 2024.

Jika dua tahun sebelumnya, gelaran KPM digelar di Pantai Samas, maka pada kegiatan yang mengusung tajuk “Swara Ibu Senja” kali ini digelar di Pantai Goa Cemara, Patihan, Gadingsari, Sanden.

Advertisement

Adapun penampil yang akan memeriahkan gelaran KPM kali ini adalah Keroncong Gendhis, Keroncong SMM, Keroncong ISI dan bintang tamu Fanny Soegiarta.

BACA JUGA : Dispar Bantul Klaim Tarif Baru Tak Berdampak ke Penurunan Jumlah Wisatawan

Sekretaris Dispar Bantul Budi Sardjono mengatakan, pihaknya sengaja menggelar KPM di Pantai Goa Cemara. Sebab, Pantai Goa Cemara adalah salah satu destinasi unggulan Kabupaten Batul dengan karakteristik khas berupa pohon cemara dan kawasan konservasi penyu.

"Dengan potensi tersebut, KPM dalam salah satu aktivasinya, mengajak para pengunjung untuk turut terlibat dalam proses pelepasan anak penyu yang baru menetas (tukik)," katanya di Kantor Dispar Bantul, Rabu (22/5/2024).

Terkait dengan tema “Swara Ibu Senja”, Budi mengungkapkan, dalam konteks spirit, maka proses ini merupakan salah satu bentuk “keibuan” dalam mengantarkan anak-anaknya menuju proses kehidupan selanjutnya di laut lepas.

"Untuk itu kami juga libatkan Pokdarwis Pantai Goa Cemara. Tujuannya agar ini sebagai salah satu edukasi dalam pelestarian alam," katanya.

Lebih detail, Budi mengungkapkan, nantinya Pantai Goa Cemara akan disulap jadi lokasi workshop padu-padan wastra, lapangan bermain dolanan anak dan jenama lokal.

"Selain itu, dinas juga menggandeng warga lokal dan Ibu-Ibu PKK desa setempat untuk menjajakan gastronomi lokal khas Pantai Goa Cemara dan Produk Unggulan Desa, ekspresi ini melingkupi ketiga pilar tadi" ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ada Indikasi Perdagangan Orang dalam Kasus Judi Online

News
| Sabtu, 15 Juni 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement